TEMPO.CO, Jakarta -Kendaraan bermotor seperti sepeda motor memang harus dirawat secara rutin supaya performanya tetap terjaga dengan baik dan tidak mengalami masalah ketika akan digunakan.
Motor yang terdiri atas banyak komponen ini untuk merawatnya memerlukan ketelitian dalam merawatnya, khususnya pada beberapa komponen motor yang memiliki batas masa pakai.
Komponen Fast Moving Sepeda Motor
Berikut ini adalah komponen motor yang harus diganti secara rutin, dikutip dari laman Wahana Honda.
- Busi
Busi adalah komponen pada motor yang berfungsi untuk memantik api supaya pembakaran pada mesin dapat bekerja.Busi menjadi bagian yang vital pada motor dan harus diganti secara berkala, khususnya kalau motor sudah menempuh puluhan ribu kilometer. Hal ini perlu dilakukan karena busi motor yang tidak diganti secara rutin akan membuat performa motor menjadi masalah.
- Oli
Pada sebuah mesin motor, oli menjadi komponen yang berfungsi sebagai pelumas kinerja pada mesin motor. Oli harus diganti secara berkala supaya motor tetap memiliki performa yang baik dan akselerasi yang baik. Pada umumnya, oli harus rutin diganti satu hingga paling lama dua bula sekali jika motor digunakan untuk mobilitas sehari-hari.
- Aki
Aki merupakan komponen yang berkaitan dengan kelistrikan pada motor. Sebagai komponen yang berkaitan dengan arus listrik, aki motor harus rutin diganti secara berkala supaya ketika digunakan motor tidak mengalami masalah. Tentu tergantung kondisi masing-masing, tak ada patokan berapa tahun harus diganti.
- Kampas rem
Kampas rem merupakan komponen pada motor yang berkaitan dengan keselamatan ketika berkendara dan harus rutin diganti. Jika kampas rem tidak rutin diganti akan membuat Anda memiliki risiko tinggi terhadap kecelakaan karena rem yang blong.
- Filter motor
Pada sebuah motor, salah satu komponen yang memiliki masa pakai cukup singkat adalah filter motor. Filter yang tidak rutin diganti akan membuat suara bising pada motor karena terhalangnya sirkulasi udara akibat debu dan kotoran yang ada di filter motor.
- Ban
Serupa dengan komponen yang lain, ban juga harus rutin diganti untuk memnimalkan terjadinya kecelakaan. Hal ini karena ban yang tidak rutin diganti akan membuat ban menjadi lebih cepat gundul dan ban menjadi aus.
- Kampas kopling
Bagi pengguna motor kopling, kampas kopling perlu diganti secara berkala. Hal ini karena pada motor yang digunakan tiap hari, kopling akan mengalami aus dan bisa berpengaruh pada kenyamanan ketika berkendara.
Itulah beberapa komponen sepeda motor yang harus secara rutin diganti sebagai komponen dengan umur pakai lebih cepat.
EIBEN HEIZIER
Baca juga : Begini Kosongnya Tangki Bensin Sepeda Motor Bisa Mengundang Karat
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Tips Honda: Daftar Komponen Sepeda Motor Harus Rutin Diganti - Otomotif Tempo"
Posting Komentar