Search

Fokus bersaing di segmen motor sport, begini strategi Kawasaki Motor Indonesia (KMI) - Industri Kontan

Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menyebutkan, pihaknya menaruh fokus untuk bersaing di pasar dengan meluncurkan produk motor sport. Hal ini dibuktikan dengan meluncurkan motor Ninja ZX-10R beberapa waktu lalu.

"Kami memang berstrategi di pasar motor sport," ujar Head & Sales Promotion Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Michael C Tanadhi kepada Kontan.co.id, Jumat (12/11).

Sebagai informasi, Kawasaki Ninja ZX-10R merupakan motor sport kategori superbike yang dilengkapi dengan Sport-Kawasaki Traction Control (S-KTRC), Power Mode, Kawasaki Cornering Management Function (KCMF), Assist saat menikung, Kawasaki Launch Control Mode (KLCM), start assist system, Kawasaki Engine Brake Control (KEBC), Kawasaki Quick Shifter (KQS), dan lainnya.

Motor ini dibekali mesin DOHC, 4-silinder, 16-katup, berpendingin cairan, dan berkapasitas 998 cc. Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut dapat menyentuh angka 203 tk pada 13.200 rpm dan torsinya mencapai 114,9 Nm pada 11.400 rpm. Adapun secara harga, motor ini dibanderol Rp 520 juta (OTR Jakarta).

Michael mengatakan, pihaknya tentu akan meluncurkan lagi produk baru motor sport ke depannya. Namun pihaknya tidak membeberkan lebih jauh.

Baca Juga: Aksi Jokowi saat menjajal Sirkuit Mandalika dengan motornya

Sementara secara penjualan unit motor, Kawasaki juga enggan merinci dengan detail dan menyebutkan jika pihaknya telah merevisi target. Tetapi terjadi kenaikan penjualan 35% hingga saat ini dibandingkan tahun lalu.

"Untuk penjualan motor andalan kami, masih ada koreksi akibat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) ketat bulan Juli lalu. Ini sebabnya ada penurunan target," sambungnya.

Michael juga menyebutkan, penurunan penjualan juga terjadi di sepanjang tahun 2020 berkisar 43% dibanding tahun 2019. Penurunan yang sama pun terjadi pada penjualan sepeda motor domestik di tanah air.

Sementara itu, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) berharap penjualan otomotif roda dua dapat melebihi dari target yang diharapkan. Bahkan terdapat harapan besar penjualan mampu mencapai 5 juta unit.

Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala melalui keterangan tertulis menyampaikan jika potensi peningkatan penjualan sepeda motor bisa dilihat dari penjualan hingga September 2021.

Hingga September tercatat penjualan sudah mencapai 3.761.407 unit atau tumbuh 31% dibandingkan Januari-September 2020.

"Memang sempat terjadi penurunan penjualan saat gelombang kedua pandemi meninggi pada bulan Juli dan Agustus. Namun sejalan dengan terkendalinya Covid-19, pasar pun mulai membaik. Secara keseluruhan tahun ini kami perkirakan pasar motor akan mencapai 5 juta unit," ujar Sigit.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.




Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://industri.kontan.co.id/news/fokus-bersaing-di-segmen-motor-sport-begini-strategi-kawasaki-motor-indonesia-kmi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Fokus bersaing di segmen motor sport, begini strategi Kawasaki Motor Indonesia (KMI) - Industri Kontan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.