Panas berlebihan atau overheat pada mesin sepeda motor tidak bisa dianggap sepele. Hal ini jadi gejala sebelum akhirnya muncul bau gosong atau sangit dari mesin maupun asap knalpot yang berwarna putih atau hitam.
Kondisi tersebut bukan hal wajar dan Anda perlu tau apa penyebabnya sehingga dapat segera diatasi. Berikut ini akan kami uraikan macam-macam penyebabnya:
Kebocoran oli mesin
Penyebab pertama mesin cepat panas dan muncul bau sangit adalah kebocoran oli mesin di beberapa bagian. Oli yang mengalir keluar akan terbakar oleh panas di bagian luar mesin, hal ini menimbulkan bau sangit.
Umumnya ada dua penyebab kebocoran oli, pertama karena bagian seal oli rusak misalnya karena terlalu sering mengisi volume oli mesin berlebihan.
Alasan kedua seal tidak terpasang benar, ini dapat menimbulkan celah yang dapat disusupi rembesan oli.
Kemudian penyebab lainnya juga bisa karena usia pakai seal telah habis dan kualitasnya menurun lalu menimbulkan kebocoran. Penting sekali memeriksa seal oli ini pertama kali ketika Anda menemukan kebocoran oli setelah mencium bau sangit dari arah mesin.
Penyebab kerusakan ini bisa terjadi pada matic atau motor dengan mesin karburator.
Banyak kerak di ruang bakar
Apabila setelah dicek seal oli tidak bermasalah, maka kemungkinan masalah mesin motor cepat panas dan bau sangit terjadi di ruang bakar. Ketika Anda menggunakan bahan bakar beroktan rendah, ada potensi menimbulkan kerak lebih cepat.
Sisa pembakaran yang tidak sempurna karena bahan bakar oktan rendah ataupun udara yang masuk kotor bisa menimbulkan kerak. Apabila kerak di ruang bakar sudah menumpuk maka proses pembakaran jadi bermasalah.
Akibatnya mesin menjadi cepat panas karena kompresi meningkat. Kerak di bagian area katup buang akan menciptakan celah lantas bahan bakar menjadi tak terbakar lalu keluar melalui knalpot.
Mesin bekerja terlalu keras
Jika mesin bermasalah namun tetap digunakan setiap hari, maka berarti mesin harus bekerja lebih ekstra lagi. Ini membuat kepanasan terjadi semakin cepat.
Panas berlebihan mempercepat rembesan oli keluar mesin baik itu pada silinder head maupun saluran gas buang. Anda juga akan melihat asap knalpot berubah menjadi putih ditambah bau sangit.
Hal ini sering terjadi pada motor yang sehari-hari harus bekerja melalui ratusan kilometer tanpa perawatannya yang layak.
Sering bawa beban berlebihan
Kerja mesin terlalu keras juga dapat dipicu cara penggunaannya, misalnya sering dipakai untuk mengangkut beban berat. Perlu dipahami setiap model motor memiliki kapasitas muatan berbeda-beda.
Sayangnya masih banyak pengguna yang memanfaatkan motor untuk mengangkut beban lebih dari kapasitasnya. Belum lagi medan yang dilalui tanjakan yang membuat mesin bekerja lebih keras lagi.
Ketika hal ini terjadi, maka beban piston semakin besar untuk naik dan turun. Putaran mesin akan turun walau walau bukaan pedal gas ada di posisi yang sama. Panas akibat pembakaran pun akan meningkat yang menghasilkan overheat.
Kampas kopling bermasalah
Potensi penyebab lain masalah overheat dan bau sangit yakni kampas kopling sudah aus. Masih banyak pemilik kendaraan yang terus memaksa kendaraan digunakan saat kampas kopling aus, padahal ini bisa menyebabkan mesin cepat panas dan bau sangit.
Lama kelamaan kampas kopling pun akan menjadi hangus. Komponen ini perlu diperbaiki jika Anda tidak ingin mencium bau sangit lagi.
Tips Hilangkan Bau Sangit
BACA HALAMAN BERIKUTNYABagikan Berita Ini
0 Response to "Kupas Tuntas Sebab Mesin Motor Bau Sangit - CNN Indonesia"
Posting Komentar