JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor custom unruk menjajal Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, NTB, Jumat (12/11/2021).
Jokowi terlihat memakai jaket hitam sambil memegang helm. Motor custom warna hijau itu bertuliskan "R1" dibangun dari basis Kawasaki W175 oleh Katros Garage.
W175 punya Jokowi ini memakai bodi baru dengan karakter gaya motor balap zaman dulu. Bagian depan memakai half fairing khas cafe racer yang memiliki desain membulat.
Baca juga: Berstatus Mobil Konsep, Ini Masa Depan SUV RS Concept
Katros Garage juga menambahkan buntut tawon pada area belakang dan cover pada bagian bawah mesin, untuk mempertegas aura classic racing style pada motor ini.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email
Perubahan bentuk ini dipadukan dengan bodi hijau metalik alias Royal Top Green dengan grafis khas motor balap dan motif batik Mega Mendung di sisi samping bagian fairing.
Atenx sapaan Andi Akbar, builder dari Katros Garage mengatakan gaya motor kali ini unik, sebab menyatukan dua aliran gaya custom yakni Café Racer dan Chopper.
Atenx menyebutnya sebagai ‘Chopper Racer, penggabungan dari gaya motor Chopper & Café Racer.
Baca juga: Tidak Perlu Buka Boks, Ini Detail Ducati Panigale V4 R Superbike
“Perubahan ini merupakan salah satu komitmen kami untuk terus berkreasi sebagai anak muda Indonesia. Dengan tampilan yang baru ini, semoga dapat semakin menggairahkan lagi skena motor custom di Indonesia," kata Atenx dalam keterangan, Jumat (12/10/2021).
Atenx mengatakan, motor custom ini dibuat dengan mengandalkan basis motor sebelumnya yakni W175 bergaya Bobber.
Dengan basis tersebut, tim Katros Garage melakukan penambahan di bagian fairing depan, bodi belakang dan cover mesin bawah.
Untuk sektor tangki dan cover bodi samping, tetap mengandalkan komponen yang sudah ada sebelumnya.
Bagian emblem tangki diganti dengan emblem baru bertuliskan ‘JOKOWI’ dengan latar belakang motif bendera finis.
Baca juga: Isuzu Sambut Regulasi Standar Emisi Euro 4
https://www.instagram.com/p/CWK6FmXvYGz/?utm_source=ig_web_copy_link
Desain cat di bagian bodi belakang juga dibuat menyerupai ‘nomor start’ motor balap dengan grafis RI1.
Selain itu, Tim Katros juga memasangkan grip gas kolaborasi antara Katros Garage dan Hayaidesu Indonesia. Pada grip tersebut terdapat ukiran batik keris, anyaman bambu dan peta Indonesia.
Atenx mengatakan, tim butuh waktu kurang lebih tiga bulan untuk menyesaikan motor.
"Walau secara tampilan motor ini kini sudah berubah drastis dari versi sebelumnya, namun untuk posisi berkendara tetap dibuat sama dengan ‘ramuan’ sebelumnya," ungkap Atenx.
Data Spesifikasi:
Pelek Depan: Ukuran 3.00-16
Pelek belakang: Ukuran 3.50-16
Ban depan & belakang: ukuran 500-16
Suspensi depan:Tipe Upside Down
Lampu depan: Halogen 5,75 inci
Lampu sein depan: LED
Lampu belakang: LED 3in1
Setang: Drag Bar style
Tangki & bodi samping: handmade
Fairing & hornet: handmade
Mika fairing: custom 3 mm
Cover mesin bawah:handmade
Jok: kulit sintetis
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Spesifikasi Motor Custom Jokowi Saat Jajal Sirkuit Mandalika - Kompas.com - Otomotif Kompas.com"
Posting Komentar