Keraguan terkait sejumlah ajang balap level dunia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, bakal sulit digelar, satu per satu sirna.
Setelah homologasi sirkuit dipastikan bakal dilaksanakan sepekan sebelum gelaran ATC dan World Superbike (WSBK), kini motor-motor yang digunakan untuk ATC sudah terlihat di Mandalika.
Seperti diketahui, para pembalap di ATC akan memakai sepeda motor yang sama, yakni Honda NSF250R Moto3. Motor ini memiliki spesifikasi yang identik dengan yang diturunkan pada Kejuaraan Dunia Moto3.
Honda NSF250R memakai mesin satu silinder – kemiringan 15ยบ dari sisi tegak – berkapasitas 249,3cc 4-tak berpendingin cairan, dengan enam tingkat percepatan (6-speed) kopling basah.
Memakai rangka model twin tube berbahan aluminium dengan suspensi depan teleskopik inverted serta swinger pro-link untuk belakang, motor untuk ATC ini memang sangat serupa dengan yang dipakai para pembalap di Kejuaraan Dunia Moto3.
Diharapkan, dengan memakai motor spec Moto3, para pembalap bisa mendapatkan skill dan teknik balap yang diperlukan untuk melangkah ke ajang yang lebih tinggi menuju MotoGP.
Para pembalap ini juga mendapatkan bimbingan dan pelatihan dari tim yang dipimpin Direktur ATC Alberto Puig, yang juga Team Manager Repsol Honda.
Sesuai jadwal resmi, Sirkuit Mandalika akan menggelar dua race ATC putaran kelima atau terakhir pada 12-14 November mendatang. Sepekan setelahnya, giliran balapan penutup seri WSBK yang akan menggelar lomba di sana.
Dengan begitu, para pembalap ATC akan menjadi yang pertama merasakan sekaligus menjajal lomba di trek sepanjang 4,310 km dengan 17 tikungan tersebut.
Balap ATC ini sekaligus menjadi tes sejauh mana kesiapan pengelola Sirkuit Mandalika mengingat ajang ini menjadi salah satu buatan Dorna Sports.
Dorna selama ini mengelola hampir semua ajang balap motor bergengsi, yakni Kejuaraan Dunia MotoGP, WSBK, Piala Dunia Moto E, Honda British Talent Cup, dan Northern Talent Cup. Perusahaan asal Spanyol itu juga menjadi penanggung jawab Red Bull MotoGP Rookies Cup.
Karena ATC berada di bawah Dorna, maka para pemenang maupun pembalap muda berbakat dari kawasan Asia dan Oseania bisa memperoleh kesempatan untuk naik ke Rookies Cup sebagai tahapan berikutnya sebagai bagian dari Road to MotoGP.
Karena itulah gelaran ATC di Mandalika nanti tidak bisa diremehkan karena ajang ini merupakan bagian awal dari jalan para pembalap muda yang ingin turun di kejuaraan dunia.
Indonesia, lewat dukungan PT Astra Honda Motor (AHM), menurunkan empat pembalap muda di ATC 2021 ini, yakni Herjun Atna Firdaus, Herlian Dandi, Azryan Dheyo Wahyumaniadi, dan Fadillah Arbi Aditama.
Arbi, yang sampai balapan keempat di Doha, Qatar, menempati peringkat ke-15 dengan delapan poin – kalah dari Herlian yang berada di P13 dengan 14 poin (terbaik di antara pembalap Indonesia lainnya) – sudah resmi bakal naik ke Rookies Cup pada 2022 menggantikan Mario Suryo Aji.
dibagikan
komentar
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Motor-motor Asia Talent Cup Sudah Mendarat di Mandalika - Motorsport.com"
Posting Komentar