Search

Pencuri Spesialis Motor Petani di Sawah Ditembak Polisi - detikNews

Ciamis - Jajaran Satreskrim Polres Ciamis menangkap pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) di Pangandaran, Jawa Barat. Pelaku berinisial SU (29) warga Karapyak ditembak polisi lantaran melawan petugas saat akan ditangkap pada 17 November 2019 di wilayah Rancah, Kabupaten Ciamis. Pelaku merupakan residivis kasus yang sama.

Pelaku menyasar sepeda motor milik para petani yang diparkir di pinggir sawah. Ia beraksi pada pagi hari saat petani mulai beraktifitas. Ketika motor ditinggalkan jauh oleh pemiliknya, pelaku yang sebelumnya telah mengintai langsung beraksi.


Bermodalkan alat kunci T ujung lancip dan kunci palang besi Y, pelaku berhasil membawa kabur motor petani hanya dengan waktu 2 menit saja. Tersangka SU melakukan aksinya tidak sendirian. Tapi dengan 2 rekannya yang saat ini ditetapkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO)."Tersangka melawan petugas saat akan ditangkap, maka kita tindak tegas. Tersangka melakukan aksinya di dua lokasi dalam tahun ini," ujar Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso di Mapolres Ciamis, Selasa (26/11/2019).
Pencuri Spesialis Motor Petani di Sawah Ditembak PolisiFoto: Dadang Hermansyah
Bismo menjelaskan, tersangka SU berperan melakukan survei lokasi mencari target sebelum melakukan pencurian. Sedangkan 2 DPO masing-masing bertugas pengantar dan eksekutor. Sepeda motor hasil curian belum sempat dijual oleh tersangka.

"Dari tangan tersangka, barang bukti yang diamankan 2 unit sepeda motor, 3 buah anak mata kunci T dengan ujung lancip dan 1 buah kunci palang besi berbentuk Y," ucap Bismo.


Bismo mengimbau kepada para petani untuk memarkirkan kendaraan sepeda motor di tempat aman. Bila perlu menggunakan kunci ganda dan dalam jangkauan. Karena sepeda motor yang jauh dari pengawasan menjadi sasaran empuk para pencuri.

"Akibat perbuatannya tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHPidana, diancam pidana penjara paling lama 7 tahun," tegas Bismo.
(tro/tro)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4798891/pencuri-spesialis-motor-petani-di-sawah-ditembak-polisi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pencuri Spesialis Motor Petani di Sawah Ditembak Polisi - detikNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.