Search

Motor yang Tergeletak Miring Bisa Terbakar Sendiri - Detikcom

Jakarta - Ada sejumlah sepeda motor yang terbaring di depan gedung DPR RI dalam aksi demo, Selasa (24/9/2019). Selain mengalami kerusakan motor yang tergeletak miring ini dapat menimbulkan masalah lebih besar.

Terlepas dari adanya pihak yang sengaja membakar sepeda motor dalam aksi itu, motor itu sendiri dapat memicu kebakarannya sendiri akibat tumpahan atau kebocoran bensin.

"Tergantung dari misalnya minyak terlalu banyak pasti akan ada sedikit luapan bahan bakar itu akan ada," ujar Instruktur Training Wahana Honda, Wahyu Budhi saat dihubungi detikcom, Rabu (25/9 2019).

Dari kebocoran bensin itu, motor yang masih menggunakan sistem karburator risiko terbakar lebih besar. Sementara itu motor dengan sistem pengabutan injeksi resiko kebakaran ini lebih kecil.

"Untuk PGM-FI lebih aman karena proses bahan bakar untuk bisa ketemu dengan percikan busi lebih bisa diminimalisir. Tipe karbu bisa karena ada beberapa celah bisa mengeluarkan bahan bakar sehingga bisa bercampur dengan percikan api busi," terang Wahyu.

Lebih canggih lagi, pada motor sport kelas premium risiko kebakaran saat jatuh dan kebocoran dapat diminimalisir pula dengan sistem Bank Angle Sensor. Fitur ini belum banyak ditemukan pada motor bebek atau matik di kelas bawah.

"Di motor sport lebih aman, ada namanya Bank Angle Sensor. Dalam kurang lebih 5 detik sepeda motor sudah dimatikan kelistrikan bahan bakar ke arah injektor," tutur Wahyu.

Simak Video "Ribuan Mahasiswa Bandung Juga Turun Jalan, Suarakan 'Save KPK'"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://oto.detik.com/motor/d-4721460/motor-yang-tergeletak-miring-bisa-terbakar-sendiri

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Motor yang Tergeletak Miring Bisa Terbakar Sendiri - Detikcom"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.