Search

Cepet Banget! Konversi Motor Bensin ke Listrik Cuma Butuh Waktu Segini - detikOto

Jakarta -

Konversi motor bensin menjadi motor listrik ternyata tak memerlukan waktu lama, bahkan kurang dari sejam. Sebab, bengkel yang sudah tersertifikasi punya paket konversi yang membuat prosesnya menjadi lebih cepat.

Kasie Sertifikat Kendaraan Umum Direktorat Sarana Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Joko Kusnanto mengatakan, bengkel yang sudah punya sertifikasi konversi hanya butuh waktu 45 menit untuk merombak motor bensin menjadi motor listrik.

"Proses konversi motor listrik sekarang cepat sekali ya. Dulu awal-awal bisa sampai tiga jam, sekarang cuma 45 menit aja," ujar Joko Kusnanto saat ditemui di bilangan Jakarta Pusat, belum lama ini.

Bengkel konversi motor BBM ke Listrik/Sylke Febrina Laucereno-detikcomPemasangan baterai ke motor konversi listrik. Foto: Bengkel konversi motor BBM ke Listrik/Sylke Febrina Laucereno-detikcom

Menurut Joko, seiring dengan berkembangnya alat konversi dan ketersediaan komponen elektrifikasi, proses perombakan motor bensin ke motor listrik menjadi lebih cepat.

"Karena kan sekarang sudah paket, ya. Jadi sebelum konversi itu udah disiapin, ini motornya, ini baterainya, kelistrikannya juga disiapin semua. Enggak perlu motong-motong kabel lagi, langsung plug and play. Dicopot, ganti, testing," urainya.

Joko mengklaim, saat ini sudah ada 160-an unit motor bensin yang dikonversi ke motor listrik. Menurutnya, mayoritas berasal dari model skuter matik dan telah mendapat Sertifikasi Registrasi Uji Tipe (SRUT) dari Kemenhub.

"Mungkin karena motor di Indonesia masih didominasi skuter matik, jadi memang lebih banyak ke arah sana," tegasnya.

Jumlah Bengkel Konversi Motor Listrik di Indonesia

Lebih jauh, Joko Kusnanto menjelaskan, jumlah bengkel konversi molis di Indonesia saat ini baru ada 22. Sementara untuk non-molis hanya ada enam.

"Sekarang (bengkel konversi) yang motor itu ada 22 di seluruh Indonesia, dan non-sepeda motor ada enam," ungkap Joko.

Bengkel konversi motor BBM ke Listrik/Sylke Febrina Laucereno-detikcomBengkel konversi motor BBM ke Listrik. Foto: Bengkel konversi motor BBM ke Listrik/Sylke Febrina Laucereno-detikcom

Joko memastikan, proses pengajuan bengkel konversi molis sebenarnya tak susah. Asalkan bengkel tersebut punya tenaga kerja yang kompeten dan peralatan konversi yang sesuai standar.

"Pertama harus punya perizinan bengkel, kedua punya SDM yang kompeten, kemudian punya kompetensi di bidang mekanikal maupun elektrikal, punya peralatan untuk konversi dan alat ujinya juga," kata dia.

Simak Video "Konversi Motor Listrik Lebih Menguntungkan? BRT Electric Buka-bukaan!"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/rgr)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMia2h0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb3Rvci9kLTY1OTY0MTYvY2VwZXQtYmFuZ2V0LWtvbnZlcnNpLW1vdG9yLWJlbnNpbi1rZS1saXN0cmlrLWN1bWEtYnV0dWgtd2FrdHUtc2VnaW5p0gFvaHR0cHM6Ly9vdG8uZGV0aWsuY29tL21vdG9yL2QtNjU5NjQxNi9jZXBldC1iYW5nZXQta29udmVyc2ktbW90b3ItYmVuc2luLWtlLWxpc3RyaWstY3VtYS1idXR1aC13YWt0dS1zZWdpbmkvYW1w?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cepet Banget! Konversi Motor Bensin ke Listrik Cuma Butuh Waktu Segini - detikOto"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.