Search

'Subsidi' Motor Listrik Resmi Dimulai Hari Ini, Mobil Listrik Molor ke 1 April - detikOto

Jakarta -

Mulai hari ini, motor listrik di Indonesia jadi lebih terjangkau. Motor listrik diberikan potongan harga Rp 7 juta. Sementara nasib subsidi mobil listrik masih tak jelas karena baru akan diumumkan awal bulan depan.

Pemerintah baru saja mengumumkan bantuan untuk motor listrik resmi berlaku. Pada konferensi pers Insentif Kendaraan Listrik Berbasis Baterai pertama, dijelaskan bahwa motor listrik akan mendapat 'subsidi' sebesar Rp 7 juta. Sementara insentif untuk mobil listrik akan diumumkan pada 1 April 2023.

"Pada kesempatan yang baik ini, bahwa kebijakan program bantuan pemerintah untuk KBLBB roda dua baik motor baru maupun motor konversi sudah dapat diluncurkan. Selanjutnya untuk program KBLBB roda empat termasuk bus, insentif fiskal akan diumumkan kebijakannya tepat pada tanggal 1 April," jelas Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers, Senin (20/3/2023).

Dijelaskan Luhut, pemberian bantuan pemerintah itu ditujukan agar harga kendaraan listrik lebih terjangkau. Selama ini, pemerintah melihat harga kendaraan listrik masih jauh dari jangkauan sebagian besar masyarakat. Maka dari itu, guna mendukung peralihan masyarakat dari kendaraan berbahan bakar konvensional ke kendaraan listrik dibutuhkan bantuan untuk meringankan.

"Maka dari itu kami memberikan bantuan insentif fiskal untuk meningkat terutama bagi mereka yang belum mampu beli KBLBB dengan harga penuh," tambah Luhut.

Adapun dalam Peraturan menteri Perindustrian nomor 6 tahun 2023 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Dua dijelaskan potongan harga Rp 7 juta hanya dapat diberikan untuk 1 kali pembelian KBL berbasis baterai roda dua.

Sejauh ini, baru ada 8 perusahaan motor listrik yang bisa memanfaatkan potongan harga tersebut. Sayang, tak dirinci apa saja merek motornya. Namun sejauh ini, merek motor listrik yang telah memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimal 40% yaitu Gesits, Volta, Selis, Viar, United, Smoot, dan juga Polytron.

"Per hari ini sudah ada 8 perusahaan untuk 13 model dilakukan jadi teman-teman industri manufaktur sudah bisa akses," tegas Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Taufiek Bawazier dalam kesempatan yang sama.

Simak Video "Tak Semua Motor Bisa, Ini Syarat Subsidi Konversi Motor Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMicmh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9iZXJpdGEvZC02NjI5MzYwL3N1YnNpZGktbW90b3ItbGlzdHJpay1yZXNtaS1kaW11bGFpLWhhcmktaW5pLW1vYmlsLWxpc3RyaWstbW9sb3Ita2UtMS1hcHJpbNIBdmh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9iZXJpdGEvZC02NjI5MzYwL3N1YnNpZGktbW90b3ItbGlzdHJpay1yZXNtaS1kaW11bGFpLWhhcmktaW5pLW1vYmlsLWxpc3RyaWstbW9sb3Ita2UtMS1hcHJpbC9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "'Subsidi' Motor Listrik Resmi Dimulai Hari Ini, Mobil Listrik Molor ke 1 April - detikOto"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.