Search

Motor Kustom Jokowi dan Gibran Mejeng di Tumplek Blek 2019, Lihat Nih! - Jawa Pos

JawaPos.com – Sepeda motor kustom milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) mejeng di pameran otomotif Otobursa Tumplek Blek 2019 di Parkir Timur, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta Pusat. Motor tersebut merupakan motor kustom racikan bengkel modifikasi Katros Garage.

Pantauan JawaPos.com di lokasi acara, total ada empat sepeda motor milik Jokowi racikan bengkel Katros Garage. Basuki dari Custom Kit Katros Garage menjelaskan, keempat motor milik RI 1 itu adalah Kawasaki W175, Royal Enfield Classic, Honda Zoomer yang berbasis dari Honda Beat, dan Honda Monkey yang berbasis dari Honda Astrea Grand.

Keempat motor tersebut dipesan langsung oleh Presiden Jokowi dan putranya Gibran Rakabuming Raka. “Iya, dipesan langsung oleh Pak Jokowi dan Mas Gibran,” ujar Basuki saat ditemui JawaPos.com di stand Katros Garage.

Sepeda motor kustom Kawasaki W175 milik Presiden Jokowi. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Untuk Kawasaki W175, seperti bisa dilihat pada gambar, motor tersebut membawa kelir warna hijau. Menurut Basuki, motor tersebut memiliki beberapa perubahan khusus. Pada bagian tangki bahan bakarnya juga tersemat emblem bertuliskan Jokowi.

“Untuk yang Kawasaki W175, tangki kita bikin sendiri. Motor tersebut hampir semuanya kena kustom seperti bodi, spakbor, dan chasis kita potong. Bagian lain seperti lampu, velg, dan ban pakai aftermarket,” lanjutnya.

Sepeda motor selanjutnya, adalah Royal Enfield 600 Classic. Motor tersebut dikatakan Basuki merupakan motor milik putra pertama Presiden Jokowi, Gibran. Basuki menyebut Royal Enfield 600 Classic tak banyak perubahan yang dilakukan.

“Punya mas Gibran hanya dikasih lampu aftermarket dari Daymaker dan beberapa ubahan di sektor bodi, knalpot, velg, dan ban,” terang Basuki ramah.

Motor Royal Enfield 600 Classic milik putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Dua sepeda motor selanjutnya, seperti sudah disinggung di atas, motor tersebut adalah Honda Zoomer yang berbasis dari Honda Beat dan Honda Monkey berbasis dari Astrea Grand. Dua motor tersebut seperti bisa dilihat pada gambar tampak lain. Pasalnya, kustomisasi dilakukan hampir di seluruh bagian dengan hanya memboyong mesinnya saja.

Harga Motor Kustom Jokowi

Sebagaimana diketahui, memodifikasi kendaraan memang bukan hobi yang murah. Pun demikian dengan motor kustom milik Jokowi. Dibuat khusus tentunya ada nominal yang tak sedikit untuk mewujudkannya.

Ditanya berapa harga yang dikeluarkan untuk bisa membuat sepeda motor kustom seperti milik Jokowi, Basuki enggan menerangkan. “Waduh, sulit itu. Nggak bisa di-share,” ungkapnya sambil tertawa.

Namun begitu, dirinya memberikan gambaran bahwa untuk memodifikasi atau mengustomisasi motor milik Jokowi bisa mengeluarkan harga setengah dari harga motor itu sendiri. Misalnya saja untuk Kawasaki W175, untuk kostumisasinya, harganya bisa di kisaran 50 persen dari harga asli motor yang bersangkutan.

“Ya sekitar segitu lah. Karena kan kustom motor itu nggak ada angkanya. Disesuaikan saja apa yang mau dikerjakan, ubahannya apa saja,” terangnya.

Dua motor kustom lainnya milik Presiden Jokowi, Honda Monkey berbasis dari Astrea Grand dan Honda Zoomer yang berbasis dari Beat. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Untuk mengerjakan sepeda motor khusus RI 1, Basuki mengaku memiliki tantangan tersendiri. Misalnya saja mesti melakukan koordinasi dengan Paspampres untuk aspek keamanan motor, ketepatan waktu pengerjaan, dan koreksi langsung Presiden Jokowi.

“Pasti itu (koreksi). Kita sampaikan ke ajudannya begini update pengerjaannya. Nanti dilanjutkan ke bapak (Jokowi) ada koreksi atau tidak. Kita harus standby 24 jam. Pengerjaan pesanan lainnya juga kita kesampingkan,” tuturnya.

Pengerjaannya pun bisa memakan waktu dua hingga tiga pekan. Hal tersebut berbeda antara sepeda motor satu dengan yang lainnya. Selepas Jokowi memodifikasi di Katros Garage, Basuki juga mengaku turut mendongkrak pamor bengkelnya itu.

Menurutnya, banyak juga yang ingin membuat replika motor kustom milik Jokowi, namun hal tersebut tak bisa dilakukan mengingat esensi dari kustom adalah personalisasi dengan si pemilik kendaraan.

“Bawa impact sih yang jelas buat Katros Garage setelah Presiden Jokowi kustom di sini. Sampai ada pejabat-pejabat lain juga kustom motor di sini,” ungkap Basuki.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://www.jawapos.com/oto-dan-tekno/otomotif/31/08/2019/motor-kustom-jokowi-dan-gibran-mejeng-di-tumplek-blek-2019-lihat-nih/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Motor Kustom Jokowi dan Gibran Mejeng di Tumplek Blek 2019, Lihat Nih! - Jawa Pos"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.