Search

Motor Vario Susah Dinyalakan? Lakukan 4 Hal Ini - detikOto

Daftar Isi

Jakarta -

Motor yang tiba-tiba susah dinyalakan tentu akan merepotkan. Apalagi jika pengendara dalam keadaan yang mendesak.

Bagi pengguna motor matic vario, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan ketika motor susah untuk dinyalakan. Jadi, jangan panik ya detikers. Simak beberapa caranya berikut ini.

Solusi Honda Vario yang Susah Dinyalakan

Ketika elektrik starter menyala, namun mesin tidak hidup, ada beberapa hal yang bisa kamu cek. Menurut Andriyanto dari Bintang Motor yang sebelumnya diberitakan detikOto, berikut triknya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Periksa Kedipan di Panel Speedometer

Cek apakah saat kunci di ON ada kedipan di panel speedometer? Jika ada, hal ini merupakan indikasi ada yang perlu diperiksa di sistem injeksi. Namun jika tidak ada, koneksi sistem injeksi baik-baik saja.

2. Cek Bunyi Denging di Bawah Tangki

Apabila saat kunci kontak ON ada bunyi denging di bawah tangki, maka hal tersebut menunjukkan pompa bahan bakar bekerja dengan baik. Tapi jika tidak ada bunyi denging dalam 3 detik, maka ada problem di komponen bagian fuel pump. Sehingga motor harus dibawa ke ahlinya.

3. Cek Busi

Jika bunyi dengung terdengar tapi tetap tidak bisa distarter, maka cek apakah busi bagus, apakah ada api? Dalam kondisi normal akan ada api busi. Jika tidak, maka berarti ECU ada problem dan motor juga harus dibawa ke ahlinya.

4. Gunakan Kickstarter

Jika saat diengkol menggunakan kick starter terasa berat, ini menandakan ada kompresi di mesin. Jika ringan sekali berarti kompresi bocor. Kondisi ini pun perlu diperiksakan kepada orang yang berpengalaman.

Penyebab Motor Susah Dinyalakan

Pada umumnya, ada beberapa penyebab yang membuat motor susah untuk dihidupkan. Berikut di antaranya.

1. Aki yang Lemah

Aki adalah bagian yang berfungsi menyuplai listrik ke bagian elektronik lainnya. Mengutip laman Honda Cengkareng, jika tegangan dari aki kurang, maka akan mempengaruhi sistem start engine.

2. Busi Aus

Busi juga menjadi bagian penting dalam menghidupkan sepeda motor. Bagian ini berfungsi dengan mengubah tegangan listrik menjadi percikan api yang membantu proses pembakaran bahan bakar.

Lebih dari pemakaian 8.000 km, fungsi busi akan menurun. Sehingga, kinerjanya tidak maksimal.

3. Aliran Bahan Bakar Tersumbat

Bahan bakar merupakan sumber energi utama ketika menghidupkan sepeda motor. Ketika aliran bahan bakar tersumbat, suplai bahan bakar dari tangki bahan bakar ke mesin akan rendah. Hal ini membuat motor sulit dinyalakan.

4. Spull Rusak

Spull adalah sumber energi untuk proses pembakaran pada kompresi mesin. Energi yang dihasilkan spull akan disalurkan melalui coil, kemudian diteruskan ke busi sebagai energi yang dijadikan percikan api dalam proses pembakaran di ruang kompresi.

Spull yang rusak atau mati akan menyebabkan motor susah dihidupkan. Hal ini karena tidak ada pengapian untuk proses pembakaran pada kompresi.

5. Relay Starter Rusak

Fungsi relay starter adalah menyalakan arus listrik dari aki ke starter. Posisi relay ada di antara aki serta motor starter. Ketika relay rusak, tidak ada sumber listrik dari aki untuk daya menghidupkan motor

Itulah solusi yang bisa dilakukan ketika motor vario susah dinyalakan. Jika motor perlu pengecekan lebih lanjut, pastikan kamu memberikannya kepada orang yang terpercaya ya detikers.

Simak Video "Polri Imbau Pemudik Tak Gunakan Motor saat Mudik Lebaran 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/row)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiZGh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS90aXBzLWFuZC10cmlja3MtbW90b3IvZC03MjQwODM0L21vdG9yLXZhcmlvLXN1c2FoLWRpbnlhbGFrYW4tbGFrdWthbi00LWhhbC1pbmnSAWhodHRwczovL290by5kZXRpay5jb20vdGlwcy1hbmQtdHJpY2tzLW1vdG9yL2QtNzI0MDgzNC9tb3Rvci12YXJpby1zdXNhaC1kaW55YWxha2FuLWxha3VrYW4tNC1oYWwtaW5pL2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Motor Vario Susah Dinyalakan? Lakukan 4 Hal Ini - detikOto"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.