Search

Polisi Tak Larang Mudik Pakai Motor tapi Ada Syaratnya - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Korlantas Polri tak melarang pemudik menggunakan sepeda motor untuk pulang ke kampung halaman alias mudik. Namun hal itu tak diimbau dilakukan dan ada sejumlah syarat bila ingin melakukannya.

Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan mudik perlu dipersiapkan secara baik karena merupakan perjalanan jarak jauh yang melibatkan banyak risiko, utamanya faktor keselamatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia memberi rekomendasi bagi pemudik yang memutuskan mudik mengandalkan motor.

"Bagi pemudik yang tetap ingin menggunakan kendaraan roda dua, Polri memberikan beberapa saran," kata dia dalam keterangannya, Senin (25/3).

ADVERTISEMENT

Pertama, memeriksa seksama kondisi kendaraan, pastikan kondisinya prima sebelum melakukan perjalanan.

Siapkan perlengkapan pendukung, pakai jaket, helm berstandar SNI, sarung tangan dan siapkan alat-alat lain yang diperlukan seperti jas hujan.

Disarankan tidak berbonceng lebih dari satu orang demi keselamatan selama perjalanan dan dikatakan wajib mematuhi peraturan lalu lintas.

Kemudian diimbau tidak membawa barang berlebihan agar menghindari kelelahan dan risiko kecelakaan, dan yang terakhir, istirahat jika lelah.

Dengan mengikuti saran-saran Polri tersebut, kata Trunoyudo, diharapkan para pemudik dapat melaksanakan perjalanan secara aman dan nyaman hingga selamat sampai tujuan bertemu keluarga tercinta.

Meski diizinkan mudik pakai motor, Polri tidak merekomendasi warga melakukannya sebab disebut spesifikasi kendaraan roda dua tidak diperuntukkan untuk perjalanan jauh.

"Kami tidak merekomendasikan untuk menggunakan kendaraan roda dua pada saat melakukan mudik lebaran, dikarenakan spek kendaraan yang tidak diperuntukkan untuk perjalanan jauh," kata dia.

Korlantas Polri memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2024 akan terjadi pada 5 April dan arus balik pada tanggal 15 April.

Untuk mengantisipasi kemacetan, Polri mengimbau masyarakat menghindari mudik dan arus balik di tanggal-tanggal tersebut.

"Bagi masyarakat agar memilih waktu atau tidak melakukan mudik pada waktu puncak mudik dan balik atau masyarakat dapat memilih waktu berangkat maupun kembali yang tepat untuk menghindari kemacetan," kata dia.

Polri juga akan menggelar Operasi Ketupat 2024 untuk menjaga kelancaran arus mudik dan balik. Operasi ini akan berlangsung selama 13 hari, mulai dari 4 April hingga 16 April 2024.

(can/fea)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMid2h0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vb3RvbW90aWYvMjAyNDAzMjUxNTQ2MDEtNTk1LTEwNzg3NTMvcG9saXNpLXRhay1sYXJhbmctbXVkaWstcGFrYWktbW90b3ItdGFwaS1hZGEtc3lhcmF0bnlh0gF7aHR0cHM6Ly93d3cuY25uaW5kb25lc2lhLmNvbS9vdG9tb3RpZi8yMDI0MDMyNTE1NDYwMS01OTUtMTA3ODc1My9wb2xpc2ktdGFrLWxhcmFuZy1tdWRpay1wYWthaS1tb3Rvci10YXBpLWFkYS1zeWFyYXRueWEvYW1w?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Polisi Tak Larang Mudik Pakai Motor tapi Ada Syaratnya - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.