Search

Bikin Nostalgia, Fitur di Motor Lawas Ini Sudah Jarang Terlihat, Kenapa? - Suara.com

Suara.com - Bagi pengguna motor dengan sistem pembakaran menggunakan karburator pasti sudah tidak asing lagi dengan tuas choke. Kekinian, rasanya sudah jarang motor yang masih ada tuas choke-nya. Kira-kira apa ya, penyebabnya?

Berawal dari pertanyaan seorang warganet bernama Raka di jejaring Facebook.

Ia mengunggah foto choke di sepeda motor bebek "Fitur ini kenapa nggak ada di motor zaman sekarang, ya? Apa (karena) sudah pakai injeksi semua?"

Pada sepeda motor bebek, choke, biasanya berada di sisi kiri di bawah tombol klakson. Ada juga yang choke-nya tersembunyi, di dekat mesin.

Sebagai informasi, choke berfungsi untuk memberikan aliarn bensin lebih banyak, guna mempercepat pembakaran.

Choke Motor. (Facebook/Raka)
Choke Motor. (Facebook/Raka)

Choke, biasanya digunakan saat pertama kali menghidupkan kendaraan atau ketika kendaraan berada kondisi cuaca dingin.

Lantas, kenapa sekarang jarang sekali meliaht fitur choke pada sepeda motor?

Teknologi pembakaran sistem injeksi yang perlahan menggantikan karburator jadi salah satu alasannya. Karena pada teknologi injeksi tidak perlu lagi menggunakan choke, karena sudah otomatis.

Seperti yang diungkapkan Ziyad di kolom komentar "Motor injeksi zaman sekarang, rata-rata sudah ada choke otomatis. Jadi tinggal starter, debit BBM nanti ngikutin kebutuhan mesin,"

"Biasanya digantikan secara elektronik. Pada karbu, tuas choke dihilangkan biasanya masih ada cold start encrichment solenoid atau kita biasa nyebutnya choke otomatis. Biasanya ada di Honda BeAt atau Vario generasi lama. Kalau pada injeksi, cold start enrichment juga dijalankan otomatis melalui enrichment dan fast idle solenoid atau melalui automatic idle screw." Kata Ahmad menjelaskan secara teknis.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://www.suara.com/otomotif/2019/10/22/130313/bikin-nostalgia-fitur-di-motor-lawas-ini-sudah-jarang-terlihat-kenapa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bikin Nostalgia, Fitur di Motor Lawas Ini Sudah Jarang Terlihat, Kenapa? - Suara.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.