Search

Soket Charger Motor Terkena Air, Bakal Sebabkan Korsleting? - Suara.com

Suara.com - Beberapa sepeda motor modern saat ini sudah dilengkapi USB Charger. Bahkan karena dirasa sangat penting, sebagian pemilik motor ada yang memasang soket charger sendiri jika sepeda motor yang dibelinya belum memiliki fitur USB Charger.

Namun demikian, kekhawatiran yang sering dirasakan oleh para pengendara adalah: amankah soket charger itu aman bila terkena air?

Pengendara sepeda motor melintasi Jalan Rahadi Oesman yang basah setelah hujan turun, di Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (23/9). [ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang]
Pengendara sepeda motor melintasi Jalan Rahadi Oesman yang basah setelah hujan turun, di Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (23/9/2019). Sebagai ilustrasi motor terkena hujan [ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang]

Mengutip laman Suzuki Indonesia, sebaiknya pengendara harus tahu dahulu sebanyak apakah air yang masuk. Air hanya sebatas cipratan atau sampai merendam soket charger.

Bila air cipratan, biasanya tidak akan menyebabkan terjadinya korsleting listrik. Akan tetapi jika soketnya terendam dengan air sudah pasti akan terjadi korsleting.

Namun yang perlu diketahui jika terjadi korslet karena USB charger kemasukan air, komponen kelistrikan yang lain bisa dipastikan aman. Terlebih jika soket charger ini adalah bawaan dari pabrikan.

Peristiwa korslet hanya akan menyebabkan putusnya sekring yang terpasang untuk charger. Jadi, pengguna cuma perlu mengganti sekring dengan yang baru, dan soket charger sudah bisa dipakai kembali.

Nah, untuk yang memasang aksesoris tambahan charger, pastikan untuk menambahkan sekring pada rangkaian kelistrikannya. Terakhir, tentunya jangan sampai soket charger terkena atau kemasukan air lagi.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://www.suara.com/otomotif/2019/10/08/131632/soket-charger-motor-terkena-air-bakal-sebabkan-korsleting

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Soket Charger Motor Terkena Air, Bakal Sebabkan Korsleting? - Suara.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.