Search

Ingin Kredit Motor Bekas? Perhatikan Hal Ini! - Harapan Rakyat

Ingin Kredit Motor Bekas? Perhatikan Hal Ini!
Ingin kredit motor bekas, perhatikan hal ini! Foto:Ist/Net

Layanan kredit motor bekas ternyata cukup banyak diminati masyarakat. Bahkan dibandingkan dengan kredit motor baru, motor sekon jauh lebih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan masyarakat.

Kebutuhan kendaraan di tanah air, khususnya untuk jenis sepeda motor tak pernah menurun. Tingginya permintaan pasar ini tentunya merupakan lahan bisnis yang sangat menggiurkan khususnya bagi industri otomotif.

Bahkan kabarnya, persaingan bisnis sepeda motor sudah sangat tinggi. Persaingan ini pula yang mendorong banyak perusahaan otomotif menggandeng lembaga pembiayaan dan perbankan untuk menyediakan layanan kreditnya. Termasuk mengkreditkan motor bekas.

Bahkan tak sedikit perusahaan otomotif yang kemudian mendirikan anak perusahaan di bidang finansial yang khusus melayani pembiayaan kredit. Perusahaan finansial ini tak hanya melayani kredit untuk kendaraan buatan holdingnya namun juga dari pabrikan lain.

Jika sebelumnya persaingan bisnis kendaraan bermotor didominasi produk buatan Jepang, namun saat ini motor produk China dan Taiwan juga semakin diminati. Bahkan India pun ikut meramaikan ceruk pasar otomotif ini.

Ragam Layanan Kredit Motor Bekas

Ada banyak bentuk layanan kredit sepeda motor yang disediakan perusahaan otomotif maupun lembaga pembiayaan. Namun dibandingkan untuk kendaraan baru, kredit motor bekas bukan domain pabrikan otomotif.

Sedangkan menyangkut target pasar yang paling diminati adalah para pegawai. Dengan mendasarkan pada ceruk pasar potensial ini muncul layanan kredit untuk profesi guru, PNS, kalangan TNI, dan sebagainya.

Segmentasi pegawai tetap memang sangat menggiurkan untuk produk otomotif. Apalagi dengan jelasnya penghasilan tetap mereka membuat para pegawai lebih mudah dalam mendapatkan kredit sepeda motor.

Sedangkan untuk layanan kredit motor bekas kebanyakan menyasar masyarakat umum. Baik pegawai, pengusaha, pedagang, hingga tukang ojek. Bahkan mereka umumnya juga terbuka terhadap para pekerja lepas.

Jika dibandingkan dengan layanan kredit untuk kendaraan baru, kredit untuk sepeda motor seken memang kalah jauh peminatnya. Meskipun begitu para pemain bisnis motor bekas juga tidak sedikit.

Ragam Layanan Kredit Motor Bekas

Motor sekon kualitasnya jauh di bawah motor baru. Karena itu pula harganya juga jauh lebih rendah. Berikut ini sejumlah pertimbangan yang sebaiknya diperhatikan saat membeli kredit motor bekas.

1. Pilih Penjual Motor yang Terpercaya

Namanya membeli secara kredit, Anda sebaiknya memilih toko atau lembaga pembiayaan yang sudah memiliki kredibilitas yang baik. Reputasi akan menentukan kualitas layanan yang diberikan.

2. Teliti Saat Memilih Motor Seken

Kualitas motor bekas tentunya sangat berbeda ketimbang kendaraan baru. Jika Anda ingin mengambil kredit motor bekas teliti kondisi sepeda motor yang diminati. Jika perlu tanyakan kekurangan yang ada agar Anda tidak salah pilih.

3. Pastikan Ada Garansi

Membeli motor sekon melalui kredit memiliki keuntungan ketimbang membeli secara tunai. Pihak perusahaan biasanya akan memberikan jaminan tentang kualitas motor sekon yang dijualnya. Jika belum ada mintalah garansi.

4. Cermati Sistim Kredit dan Bunganya

Agar cicilan kredit motor bekas tidak memberatkan, pilih sistem kredit jenis fix yang besar cicilannya tetap dan tidak berubah. Sistim fix tidak akan terpengaruh oleh perubahan suku bunga yang berlaku di perbankan.

5. Sesuaikan Cicilan dengan Kemampuan Anda

Pihak penjual motor bekas biasanya telah memiliki daftar uang muka maupun besaran cicilan yang nantinya harus dibayar. Pilih dan sesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda. Pilih waktu cicilannya pendek agar bunganya tidak memberatkan.

Itulah informasi tentang layanan kredit untuk sepeda motor seken yang cukup banyak pemainnya. Namun sebaiknya perhatikan berbagai tips penting di atas dalam memilih kredit motor bekas agar tidak menyesal di belakang hari.(R9/HR Online)

Loading...

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://www.harapanrakyat.com/2020/04/ingin-kredit-motor-bekas-perhatikan-hal-ini/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ingin Kredit Motor Bekas? Perhatikan Hal Ini! - Harapan Rakyat"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.