Search

Bahaya Motor Menyalip dari Sebelah Kiri, Video Ini Jadi Buktinya - Suara.com

Suara.com - Pengemudi tidak dianjurkan mendahului kendaraan dari sebelah kiri karena berbahaya. Video yang diunggah oleh akun Twitter @black__valley1 ini membuktikan bahaya saat pengguna kendaraan menyalip dari sebelah kiri.

Video berdurasi 23 detik itu merupakan rekaman dari dash cam sebuah mobil.

Mobil tersebut akan berbelok kiri, masuk ke sebuah bangunan. Namun tiba-tiba dari sebelah kirinya ada motor yang melaju dengan kencang.

Motor tersebut tersenggol badan mobil dan menabrak tepi jalan. Sehingga membuat pengendaranya terpental.

Beberapa orang di sekitar lokasi kemudian menolong pengendara motor tersebut. Simak videonya di sini!

Video motor menyalip dari sebelah kiri (twitter/@black__valley1)
Video motor menyalip dari sebelah kiri (twitter/@black__valley1)

Akun Twitter @black__valley1 memberi peringatan, "Peringatan buat kita semua. Usahakan jangan menyalip dari jalur kiri."

Berkomentar di video itu, beberapa warganet mengaku pernah mengalami kejadian serupa.

"Gue pernah ngalamin nih. Nge-sein kiri udah dari jauh, lihat spion sudah clear. Pas mau belok tiba-tiba ada motor nyelonong dari kiri. Praaaakkkk, jadi korban dah spion kiri. Bagusnya tuh motor & pengendaranya gak nyusruk. Tanpa rasa bersalah itu pengendara motor langsung teriak," komentar dari @EkylKVP.

"Untung kejadiannya deket sama UGD," tulis @cerealkillerrs.

"Perbuatan pengemudi motor yang paling bodoh: menyalip mobil yang akan belok kiri, padahal sudah kasih lampu sein," tulis @Elang326.

Undang-Undang tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Berdasarkan undang-undang, aturan lajur untuk mendahului kendaraan tertuang pada Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Tepatnya dalam Pasal 109 yang berbunyi, pengemudi kendaraan bermotor yang akan melewati kendaraan lain harus menggunakan lajur atau jalur jalan sebelah kanan dari kendaraan yang akan dilewati, mempunyai jarak pandang yang bebas, dan tersedia ruang yang cukup.

Motor menyalip dari sebelah kiri tetap diperbolehkan namun dengan kondisi tertentu.

Misalnya, kendaraan yang akan dilewati telah memberi isyarat akan menggunakan lajur atau jalur jalan sebelah kanan, pengemudi kendaraan bermotor dilarang melewati kendaraan tersebut.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://www.suara.com/news/2020/03/09/133215/bahaya-motor-menyalip-dari-sebelah-kiri-video-ini-jadi-buktinya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bahaya Motor Menyalip dari Sebelah Kiri, Video Ini Jadi Buktinya - Suara.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.