Search

Biker Wajib Pahami Area Blindspot Sepeda Motor - Medcom ID

Jakarta: Ada banyak faktor yang mempengaruhi keamanan dalam berkendara di jalan raya, salah satunya adalah titik buta atau yang dikenal dengan blindspot. Blindspot adalah sebuah tempat yang di luar jangkauan penglihatan si pengendara.
 
Semua kendaraan memiliki blindspot, namun setiap tipe kendaraan memiliki titik buta yang berbeda–beda sesuai dengan jenis kendaraan. Sebagai pengendara sepeda motor Anda wajib memperhatikan keselamatan berkendara dengan mengetahui area blindspot.
 
Seperi dilansir Wahana Honda, beberapa ahli menyebutkan bahwa blindspot atau titik buta mobil maupun sepeda motor berada di 1/4 bagian belakang. Pengendara sepeda motor juga wajib mengetahui letak blindspot yang ada pada kendaraan lainnya. Berikut beberapa cara meminimalisir area blindspot sepeda motor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jangan sembarang mengganti spion
Spion standar pabrik sudah dirancang khusus untuk mengurangi titik buta pada titik paling minimal. Sehingga cara pertama menghindari titik buta tentunya adalah jangan asal mengganti spion aftermarket yang tidak sesuai funginya.
 
Setel posisi spion
Menyetel spion dengan posisi yang pas juga bisa mengurangi titik buta sampai ke level paling minimal. Semakin kecil kaca spion, maka akan semakin besar area blindspot.
 
Jaga jarak aman
Usahakan selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan kita. Kendaraan berbadan besar seperti bis dan truk memiliki area titik buta lebih besar, dibandingkan dengan mobil kecil seperti mobil pribadi.
 
Nyalakan lampu utama kapanpun dan dimanapun. Cara mudah untuk memberitahu posisi kita adalah dengan menggunakan sinyal berupa sorotan lampu. Dengan menjaga jarak yang aman, kemudian menggunakan sorotan lampu untuk memberi tahu posisi sepeda motor kita terhadap kendaraan yang ada di depan.
 
Lampu sein
Jika ingin pindah jalur, berbelok, dan juga berhenti selalu gunakan lampu sein untuk memberikan peringatan pada kendaraan lain di depan dan dibelakang.
 
Gunakkan sinyal klakson
Jika tiba-tiba kendaraan di depan melakukan manuver yang aneh, jangan ragu untuk memberikan sinyal berupa klakson. Tujuannya memberikan peringatan bahwa Anda berada di samping atau belakang kendaraan lain.
 
Dengan menghindari dan mengetahui mengenai titik buta dan blindspot biker diharap menjadi lebih aman saat berkendara di jalan raya. Tentunya tetap waspada, konsentrasi dan menaati peraturan lalu lintas.

(UDA)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://www.medcom.id/otomotif/tips-otomotif/GbmYwnob-biker-wajib-pahami-area-blindspot-sepeda-motor

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Biker Wajib Pahami Area Blindspot Sepeda Motor - Medcom ID"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.