Search

Cek Fakta Tak Mampu Sewa Ambulans Bapak Ini Membopong Jenazah Ananknya dengan Sepeda Motor Ini Faktanya - Medcom ID

Viral sebuah foto seorang lelaki membawa jenazah dengan menggunakan sepeda motor. Terlihat pada foto tersebut sosok seorang bapak mengenakan baju putih dan peci, memangku jenazah yang telah dibungkus.
 
Foto ini pun seketika menjadi viral di media sosial Facebook. Akun Facebook Arianto mengunggah foto tersebut pada 28 Februari 2020. Unggahan tersebut telah dibagikan sebanyak 2.700 kali, juga mendapatkan 573 tanggapan dan 394 komentar.
 
Adapun narasi yang terdapat pada unggahan tersebut, sebagai berikut:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Hanya karena tidak mampu membayar biaya sewa ambulance, Rumah Sakit tega meloloskan seorang bapa membawa pulang mayat anaknya dengan sepeda motor
Inikah potret INDONESIA HEBAT ?
.
SHARE jika kamu merasa peduli
28-02-2020
”.
[Cek Fakta] Tak Mampu Sewa Ambulans, Bapak Ini Membopong Jenazah Ananknya dengan Sepeda Motor? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Setelah ditelusuri, klaim bahwa seorang bapak membopong jenazah menggunakan sepeda motor akibat tidak mampu membayar biaya sewa ambulans adalah salah. Foto tersebut merupakan foto lama yang disebarkan kembali.
 
Melalui reverse image search, foto identik ditemukan di dalam artikel Tribunnews.com berjudul "Jadi Viral, Foto Karya Blogger Solo Ini Dimanfaatkan oleh Akun Fb Tertentu Demi Keuntungan Pribadi". Artikel tersebut dimuat pada Senin, 30 Mei 2016.
 
Adapun, terkait peristiwa dalam foto tersebut adalah jenazah yang terpaksa dibawa menggunakan sepeda motor akibat ambulans digunakan untuk evakuasi korban gempa. Foto ini diambil setelah beberapa saat terjadi gempa di Yogyakarta dan sekitarnya, termasuk Klaten, Jawa Tengah, 2006.
 
Merujuk artikel itu, foto tersebut milik blogger senior Solo, Blontank Poer. Blontank Poer mengunggah foto karyanya tersebut di akun Facebook-nya pada 27 Mei 2016 pukul 14.54 WIB.
 
Mantan jurnalis itu mengunggah foto tersebut untuk memperingati 10 tahun gempa di Klaten yang pusatnya berada di Yogyakarta. Pada unggahannya, Blontank Poer menambahkan keterangan sebagai berikut:
 
"Usai memotret dampak gempa di Solo dan mengirim untuk sebuah kantor berita foto, barulah saya berangkat ke Klaten. Inilah foto pertama yang kudapat di jalan by pass, Klaten, sekitar pukul 8.26 WIB.
 
Mungkin itu jenazah pasien rumah sakit yang terpaksa diangkut dengan sepeda motor lantaran ambulance digunakan untuk evakuasi korban gempa.
 
Semoga keluarga di foto ini dilimpahi rahmat dan berkah dari Allah.
 
?#‎10tahungempaklaten?,
"
 

[Cek Fakta] Tak Mampu Sewa Ambulans, Bapak Ini Membopong Jenazah Ananknya dengan Sepeda Motor? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa seorang ayah membopong jenazah menggunakan sepeda motor akibat tidak mampu membayar biaya sewa ambulans adalah hoaks. Faktanya, jenazah tersebut terpaksa dibawa menggunakan sepeda motor akibat ambulans digunakan untuk evakuasi korban gempa Yogyakarta pada 2006.
 
Informasi tersebut masuk dalam kaetgori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
1. https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10209894579547976&set=a.4375234785879&type=3&theater
2. https://solo.tribunnews.com/2016/05/30/jadi-viral-foto-karya-blogger-solo-ini-dimanfaatkan-oleh-akun-fb-tertentu-demi-keuntungan-pribadi?page=3
 

Sumber:
https://www.facebook.com/photo.php?fbid=2246028235703799&set=a.1400547990251832&type=3&theater
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks, dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id
 

(WAN)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/zNAY8O8N-tak-mampu-sewa-ambulans-bapak-ini-membopong-jenazah-ananknya-dengan-motor

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cek Fakta Tak Mampu Sewa Ambulans Bapak Ini Membopong Jenazah Ananknya dengan Sepeda Motor Ini Faktanya - Medcom ID"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.