Mencuci sepeda motor memang sangat disarankan. Setidaknya bawalah motormu ke tempat cucian sepekan sekali. Selain akan membuatnya menjadi selalu kinclong, mencuci motor juga bisa mencegah karat, loh.
Tapi ada beberapa kasus motor mendadak gak bisa dinyalakan setelah dicuci. Kira-kira apa penyebabnya, ya? Yuk simak.
1. Air masuk karburator
Kalau motormu masih menggunakan sistem pembakaran dengan karburator, besar kemungkinan air cucian tersebut masuk ke karburator. Oya, karburator berfungsi mengabutkan atau mengolah bahan bakar dengan udara sebelum disemburkan ke dalam ruang pembakaran. Jika sampai kemasukan air, otomatis motor tidak bisa menyala karena kinerja pembakaran terganggu.
Baca Juga: Meski Pandemik, Ini 3 Motor Baru yang Diluncurkan Honda
2. Perhatikan throttle body
Ada baiknya kamu memperhatikan komponen seperti throttle body karena komponen ini cukup rentan rusak bila terkena air secara terus menerus.
Throttle body biasanya terletak di bagian depan dekat mesin, jadi kalau mencuci pada bagian mesin harus ekstra hati-hati. Kalau bisa semprot secara perlahan dan tekanan air jangan terlalu tinggi serta disemprot dari atas ke bawah, bukan sebaliknya.
3. Meski tertutup, soket rawan rembes
Soket listrik biasanya terletak di bawah jok motor atau ada di dekat setang depan dan dilapisi selang karet. Soket ini berkaitan dengan sistem kelistrikan. Karena itu harus tetap hati-hati saat mencuci karena ada kemungkinan air bisa merembes dan menciprat melalui celah jok yang nantinya dapat menyebabkan korsleting pada soket.
Kalau kelistrikan sudah terciprat oleh air, apalagi dalam intensitas yang cukup sering seiring berjalannya waktu motor tidak bisa menyala.
4. Posisi ECU perlu menjadi perhatian
Pada motor injeksi, terdapat salah satu komponen penting yang mampu membuat motor menyala yakni ECU.
Letak ECU sangat variatif tergantung produsennya, tapi sering kali terletak pada bagian belakang atas dan dekat fender. So jangan menyiram terlalu banyak air ke bagian ini agar ECU tidak terpapar air.
5. Busi motor terpapar air
Sistem pengapian seperti busi ini adalah komponen yang mampu memicu api agar masuk ke ruang pembakaran yang dapat membuat motor dapat menyala.
Busi juga merupakan salah satu komponen yang paling rentan untuk terkena dan dimasuki air karena posisinya yang berada di luar dekat mesin.
Solusi untuk mencegah busi kemasukan air adalah dengan mengecek kop busi dan segera menggantinya apabila kop yang lama sudah mulai rusak agar busi lebih tertutup dan terlindung.
Baca Juga: Gak Asal Bikin, Ini Filosofi Desain Helm Pebalap Binaan Astra Honda
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Sepeda Motor Tak Bisa Menyala Setelah Dicuci? Cek 5 Bagian Ini - IDN Times Sumatera Utara"
Posting Komentar