Search

Ingin Pasang Boks Motor, Ini Tips Agar Selaras Tampilan - SuaraJatim.ID

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan Selasa, 15 September 2020 | 20:40 WIB

Contoh boks tambahan buat motor untuk kendaraan roda dua jenis touring [Shutterstock].

Selain fungsional, perhatikan apakah boks selaras body motor.

SuaraJatim.id - Boks tambahan pada sepeda motor mempunyai beberapa fungsi. Yang pertama, tentu saja untuk menyimpan barang. Selanjutnya, bila selaras body si kendaraan roda dua bisa memberikan kesan gagah.

Sayangnya, ada beberapa pemasangan yang tersimak asal dijejalkan tanpa mengindahkan unsur estetika, sehingga terlihat njomplang atau lebih berat dibandingkan sosok si sepeda motor sendiri.

Nah, berikut ini adalah tips yang dikutip dari Wahana Honda, dealer dan after sales authorized Honda. Berisi tips memilih boks tambahan pada motor.

Berikut tipsnya:

Beli boks yang bermerek

  • Pastikan boks tambahan pada motor yang akan dibeli bermerek atau paling tidak memiliki reputasi dalam hal durability dan kualitas. Jangan mudah terpukau oleh harga murah. Lebih baik menabung sampai mendapatkan boks yang lebih aman dan sesuai untuk dipasang.
  • Uang yang diinvestasikan untuk boks motor berkualitas juga akan bisa dirasakan manfaatnya dengan sekejap. Boks berkualitas tinggi tentu akan jauh lebih awet dan lebih aman untuk dipakai dalam jangka waktu cukup lama.

Pastikan bracket sesuai

  • Apabila memiliki rencana untuk memasang boks sendiri, pastikan membeli paket bracket yang sesuai. Biasanya, boks hadir dengan pasangan bracket, jadi tinggal mencocokkan keduanya. Jangan paksakan bracket berspesifikasi tidak sesuai dengan boks karena bisa berakibat fatal.
  • Jika bracket tidak sesuai, ada risiko boks akan jatuh pada saat terjadi guncangan. Hal ini tentu akan membahayakan pengemudi sendiri, juga pengendara lainnya.

Pastikan motor sesuai dengan boks

  • Fenomena ini yang seringkali dijumpai di jalanan. Masih ada saja orang memaksakan boks motor untuk bisa muat ke motornya. Contohnya saja, motor matik kecil dipasangi boks motor puluhan liter yang tentunya tidak sesuai spesifikasi tunggangannya.
  • Pastikan boks yang akan dibeli sesuai kondisi motor. Contohnya kendaraan roda dua mungil tak perlu ditambahi boks, karena bisa membahayakan. Handling menjadi kurang leluasa, dan bobot motor menjadi tidak seimbang, sehingga berpotensi terjadi kecelakaan.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://jatim.suara.com/read/2020/09/15/204000/ingin-pasang-boks-motor-ini-tips-agar-selaras-tampilan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ingin Pasang Boks Motor, Ini Tips Agar Selaras Tampilan - SuaraJatim.ID"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.