Search

Percaya Nggak? Miniatur Gerobak dan Motor ini Dibuat dari Botol Bekas - detikFinance

Salatiga -

Lewat usaha miniatur sepeda motor dan gerobak, Hartanto berhasil menembus pasar nasional. Bermodalkan botol soft drink dan korek api bekas yang tidak terpakai, Hartanto bisa menjual miniaturnya hingga ke Jakarta serta Bengkulu.

"Fokus saya membuat miniatur dari limbah-limbah di sekitar yang tak terpakai. Dari situ saya membuat miniatur gerobak, sepeda motor, dan lainnya sesuai pesanan," jelas Hartanto ditemui di Jalan Jenderal Soedirman, Salatiga, Kamis (17/9/2020).

Hartanto mengaku mulai menekuni usaha miniatur tersebut 10 tahun terakhir. Awalnya, ia yang sedang menjaga toko oleh-olehnya di pusat Kota Salatiga melihat botol soft drink tidak terpakai di depan toko.

Hartanto pun mulai coba-coba membuat miniatur sepeda motor sederhana dari botol yang sudah terbuang itu.

"Setelah jadi, saya pajang miniatur itu di etalase berdampingan dengan oleh-oleh. Ternyata dibeli orang, setelah itu saya terus memproduksinya," paparnya.

Dua miniatur yang paling diminati menurut Hartanto ialah sepeda motor dan gerobak jadul. Namun jika ada pesanan bentuk miniatur lainnya, Hartanto siap kerjakan.

"Beberapa waktu lalu ada yang pesan miniatur rumah kuno untuk hadiah kepada orang tua pemesan," jelasnya.

Ia pun mematok tarif Rp 500 ribu untuk miniatur sepeda motor serta Rp 200 ribu untuk gerobak jadul. Sedangkan omzet per bulan dari usahanya itu, menurutnya minimal mencapai Rp 5 juta.

Hingga saat ini miniatur kreasinya dijual di Jakarta, Bandung, Cilegon, Depok, Bengkulu.

miniatur gerobakPercaya Nggak? Miniatur Gerobak dan Motor ini Dibuat dari Botol Bekas Foto: Akbar Hari Mukti/detikcom

"Harga untuk miniatur menyesuaikan tingkat kerumitan dan besar kecilnya miniatur," ujar Hartanto.

Selain botol bekas, bahan-bahan yang dibutuhkan di antaranya timah, antena radio, plat aluminium, spon, hingga kalep. Pembuatan miniatur itu menurutnya membutuhkan waktu setidaknya sehari pengerjaan.

"Bisa semakin mahal apabila pemesan minta ada aksesoris di miniatur itu. Misal lampu di motor, di gerobak, dan lain-lain," ungkap dia.

miniatur gerobakPercaya Nggak? Miniatur Gerobak dan Motor ini Dibuat dari Botol Bekas Foto: Akbar Hari Mukti/detikcom

Simak Video "Dalam 20 Hari, Polisi Tangkap 10 Pelaku Curanmor di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5176757/percaya-nggak-miniatur-gerobak-dan-motor-ini-dibuat-dari-botol-bekas

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Percaya Nggak? Miniatur Gerobak dan Motor ini Dibuat dari Botol Bekas - detikFinance"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.