Search

Lampu Helm Ini Bisa Meningkatkan Keselamatan Pengguna Motor - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Sistem keselamatan untuk pengguna sepeda motor terus ditingkatkan. Setelah adanya helm dan apparel, kini hadir lampu helm yang menunjang keselamatan berkendara. Lampu ini dipasang atau menempel pada helm ini memang bukan teknologi baru namun ada masalah pada model sebelumnya karena pengendara harus mengoperasikan lampu tersebut.

Padahal ketepatan lampu yang menyala saat berhenti maupun berbelok sangat penting dan vital. Telat memberi peringatan pada kondisi tertentu akan membahayakan pengendara maupun pengguna jalan lainnya. Sehingga pada produk baru ini yang diberi nama InView ini telah mengubah hal tersebut dengan teknologi yang canggih.

In View lampu helm sebagai penunjang keselamatan pengendara sepeda motor. Sumber: visordown.com

Perangkat ini tidak mengandalkan potensiometer dan akselerometer untuk menebak apa yang dilakukan pengendara, InView dilengkapi dengan modul yang terhubung ke sistem kelistrikan motor. Saat pengendara mengerem, berputar, atau berbelok maka sistem akan memerintahkan kedua indikator diaktifkan dan kemudian dapat memicu sinyal peringatan yang tepat pada helm.

Hanya saja masih ada pertanyaan soal penempelan perangkat ini bisa mengurangi tingkat keselamatan pengendara karena helm sudah dihitung dari pabrikan ketika terjadi kecelakaan. Sebagian besar pabrikan helm membuat kulit terluar dari penutupnya dengan kontur sehalus mungkin atau tanpa lekukan untuk mengurangi dampak saat meluncur di aspal saat kecelakaan. Dengan kontur yang halus tersebut diharapkan mengurangi tumbukan yang ditransfer ke kepala pengendara. Sedangkan penggunaan lampu maka akan ada lekukan antara dinding helm dan lampu tersebut.

VISOR DOWN

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://otomotif.tempo.co/read/1343887/lampu-helm-ini-bisa-meningkatkan-keselamatan-pengguna-motor

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lampu Helm Ini Bisa Meningkatkan Keselamatan Pengguna Motor - Tempo"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.