Search

Tren Winglet di MotoGP Mulai Dikembangkan Piaggio di Motor Matik - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Aerodinamika aktif ala motoGP mulai merebak dan menjadi tren di sepeda motor buatan pabrikan. Setelah MotoGP, winglet ini mulai dijual pada motor umum seperti Ducati Panigale V4R, Aprilia RSV4 hingga terakhir Honda CBR1000RR-R. Kini winglet dikembangkan Piaggio pada motor matik. Winglet ini diyakini membuat motor stabil saat melibas tikungan.

Paten baru Piaggio menggunakan gambar skuter MP3, bisa menjadi taktik pengalihan. Dengan roda depan ganda, MP3 memiliki pada cengkeraman ujung depan, dan juga bukan mesin berperforma tinggi yang cenderung mendapat manfaat besar dari downforce. Ingat, Piaggio adalah perusahaan induk dari Aprilia dan Moto Guzzi, sepeda roda dua yang mungkin mendapatkan manfaat lebih besar dari ide itu.

Paten penggunaan winglet pada motor matik Piaggio. Sumber: bennetts.co.uk

Menggali lebih dalam ke dalam teks paten menegaskan bahwa Piaggio bertujuan untuk menggunakan sistem pada kendaraan roda dua dan miring, dan karena peraturan WSBK direvisi tahun lalu untuk mengkonfirmasi bahwa aero aktif legal dalam kompetisi asalkan sistem yang sama standar pada homologasi versi jalan dari motor, masuk akal untuk ide yang akan diteruskan pada Aprilia RSV4 superbike generasi berikutnya.

Karena sayap biasanya dikaitkan dengan pesawat terbang, masuk akal bahwa pengaturan winglet yang bergerak mengikuti pemikiran yang sama. Dan itulah tepatnya yang dilakukan sistem Piaggio.

Dengan dua, winglets yang bergerak secara independen, diaktifkan melalui sistem kontrol komputer yang dihubungkan dengan unit pengukuran inersia, motor tidak hanya mengubah keseluruhan lift atau downforce tetapi juga fungsi lain.

Setiap winglet dapat dipindahkan secara independen menggunakan aktuator elektrik. Saat ujung depan mengarah ke bawah dan tepi belakang naik, winglet memberikan downforce. Jika tepi depan naik dan tepi belakang turun, winglet akan menciptakan daya angkat. Dan ketika horisontal, aerodinamis netral, meminimalkan drag dan tidak memiliki efek pengangkatan atau penurunan.

Menurut paten, dari ujung ke sudut sayap bertindak dalam arah yang berlawanan, sehingga yang di luar kurva menciptakan daya angkat dan yang di dalam menciptakan downforce. Hasilnya adalah bahwa motor akan membelok ke sudut. Saat mencapai jumlah lean yang diperlukan, winglet bergerak untuk bertindak selaras. Biasanya, ide di sini adalah kedua sayap membuat downforce, mendorong bagian depan motor ke tanah untuk meningkatkan cengkeraman, tetapi paten juga menyarankan ada saat-saat ketika sayap membuat lift, mengurangi bobot pada roda depan untuk meringankan kemudi, misalnya ketika berbelok. 

Selain keuntungan saat menikung, paten menyebut bahwa dengan menggerakkan kedua sayap ke posisi downforce maksimum dapat menciptakan efek rem udara, membantu memperlambat motor. Demikian pula, winglet juga menambahkan downforce di bawah akselerasi keras untuk membantu mencegah wheelies dan kemudian naik ke kondisi netral.

BENNETTS

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://otomotif.tempo.co/read/1343196/tren-winglet-di-motogp-mulai-dikembangkan-piaggio-di-motor-matik

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tren Winglet di MotoGP Mulai Dikembangkan Piaggio di Motor Matik - Tempo"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.