Search

Mahasiswa UGM Kembangkan Motor Listrik Gaya Retro - detikJogja

Sleman -

Tim Gasbadra Elins Research Club Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan riset dan pengembangan motor listrik di Indonesia. Penelitian dilakukan sejak tahun 2022. Apa keunggulannya?

Anggota Tim Gasbadra, Dhamar Gumilang mengatakan sepeda motor listrik ini dikembangkan menggunakan penggerak utama berupa motor listrik DC brushless tipe mid drive dengan tegangan 72V dan arus maksimal 40A.

"Dengan penggunaan komponen tersebut bisa menghasilkan torsi sebesar 45Nm pada 3000rpm, kecepatan maksimum mencapai 65-70km/jam dengan max rpm 4800," kata Dhamar kepada wartawan, Kamis (4/1/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia menjelaskan, sepeda motor listrik ini dibuat dengan dua mode yakni mode eco dan mode sport. Saat penggunaan dalam mode eco, motor ini diklaim dapat menempuh jarak dengan estimasi 40 kilometer dalam sekali pengisian daya. Sedangkan pada mode sport, estimasi jarak yang yang dapat ditempuh mencapai 30 kilometer.

Selain itu, dari sisi daya mampu mengeluarkan output daya maksimum yang lebih bertenaga.

"Perbedaan mendasar pada tiap mode yang kami rancang terletak pada kurva akselerasi di mana pada mode sport, motor akan cenderung lebih cepat mencapai kecepatan maksimum. Sedangkan pada mode eco, kami lebih mengutamakan daya tahan baterai," urainya.

Secara desain sepeda motor listrik ini mengusung tipe scrambler yang memberikan kesan maskulin dirancang untuk penelusuran medan. Selain itu juga menggunakan tipe dual purpose sehingga dapat digunakan di jalan raya maupun off-road.

Penampakan sepeda motor listrik yang dikembangkan Tim Gasbadra UGM, Kamis (4/1/2024)Penampakan sepeda motor listrik yang dikembangkan Tim Gasbadra UGM, Kamis (4/1/2024) Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJogja

Sementara itu, Engineer tim Gasbadra, Yuta Ilham, menjelaskan motor listrik dikembangkan dengan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 57,42 persen.

"Motor listrik yang kami kembangkan memiliki TKDN 57,42 persen. Hal tersebut sudah melampaui TKDN yang ditargetkan oleh pemerintah yakni 50 persen," kata Yuta.

Yuta bilang, riset pada bidang pengembangan motor listrik melingkupi banyak aspek. Di antaranya rangka, body, powertrain, serta elektronika kendaraan listrik yang meliputi battery pack, power distribution dan bldc controller.

"Pada battery pack kami sudah dilengkapi dengan battery management system dengan fitur over current, over voltage, dan short circuit protection sebagai fitur keamanan dan safety baterai," urai Yuta.

Tak hanya itu, motor listrik yang dikembangkan oleh tim riset mahasiswa yang tergabung dalam Elins Research Club FMIPA UGM ini juga unggul dalam hal efisiensi dan start yang halus.

"Dari segi kelistrikan, motor yang kami kembangkan ini unggul dari sisi efisiensi," ungkapnya.

Simak Video "Komentar Istana soal BEM KM UGM Nobatkan Jokowi Alumnus Paling Memalukan"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/apu)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiZGh0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9qb2dqYS9rb3RhLXBlbGFqYXIvZC03MTI0MTQ4L21haGFzaXN3YS11Z20ta2VtYmFuZ2thbi1tb3Rvci1saXN0cmlrLWdheWEtcmV0cm_SAWhodHRwczovL3d3dy5kZXRpay5jb20vam9namEva290YS1wZWxhamFyL2QtNzEyNDE0OC9tYWhhc2lzd2EtdWdtLWtlbWJhbmdrYW4tbW90b3ItbGlzdHJpay1nYXlhLXJldHJvL2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mahasiswa UGM Kembangkan Motor Listrik Gaya Retro - detikJogja"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.