Search

Yamaha: Jangan Sampai Bikin Motor Listrik Dikomplain Jarak Tempuhnya Pendek - detikOto

Jakarta -

Yamaha tidak mau buru-buru jual motor listrik di Indoneisa. Pabrikan garpu tala itu belum selesai mempelajari kebutuhan motor listrik di Tanah Air.

Yamaha E01 masih melakoni studi pasar atau yang Yamaha sebut sebagai Proof of Concept (PoC). Adapun empat kota yang terpilih di antaranya Jakarta, Bandung, Medan, dan Bali sebagai lokasi uji kendara E01 karena dinilai merepresentasikan karakter jalan, medan geografis, cuaca, suhu udara, serta tingkat eksistensi pengguna EV yang beragam sebagai bahan evaluasi. Tak kurang dari 20 unit Yamaha E01 disebar.

"Jangan sampai kita bikin kemudian dikomplain 'waduh jaraknya terlalu pendek', kita tidak mau, (harus) sesuai yang konsumen harapkan," kata Assistant Manager Marketing - Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Jakarta, Jumat (12/1/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Seperti diberitakan detikcom sebelumnya, E01 menggunakan sumber tenaga fixed baterai Lithium-ion yang dilengkapi dengan built in Battery Management System.

Baterai E01 masih dibuat dari Jepang dengan kapasitas sebesar 4,9 kWh dan daya 87,6 V / 56,3 Ah. Yamaha mengklaim E01 mampu menempuh jarak sejauh 104 km (berdasarkan tes internal dengan kecepatan konstan 60 km/jam) dalam kondisi bateri terisi penuh.

Di sisi lain, Yamaha sudah memulai program market test E01 pada November 2022 lalu. Yamaha juga menyiapkan fasilitas Fast Charger dan Normal Charger untuk mengisi ulang daya baterai motor yang tersedia di area Yamaha Flagship Shop Jakarta.

Anton menyebut dari responden yang sudah menjajal E01 sudah cocok dengan spesifikasinya. "E01 adalah yang di-expect oleh konsumen dengan jarak 104 km untuk sekali pengecasan mereka puas dengan hasil itu," jelasnya.

Anton memastikan keputusan kompetitor menjual motor listrik lebih awal tak membuat Yamaha gusar. Menurutnya, proses studi masih berjalan dengan target 4 ribu orang merasakan langsung E01.

"Jadi saat ini fokus ke PoC yang sebentar lagi kelar, kita akan infokan selanjutnya kalau memang ada perkembangan, tapi tentunya hasil ini akan sangat bermanfaat, karena kita sudah bisa lihat karakter konsumen, pemakai seperti apa, reliability partnya bagaimana, kemudian juga ekspektasi mereka seperti apa, tanggapan mereka terhadap performance dan lainnya seperti apa," kata dia.

Satu hal yang paling sensitif ialah harga. Konsumen menginginkan motor listrik dengan spesifikasi Yamaha E01 tersebut dijual dengan harga mulai dari setara Nmax hingga angka maksimalnya setara motor 250 cc 2 silinder.

Simak Video "Tes Lengkap Motor Listrik Honda EM1 e: Kemahalan atau Layak Dipinang?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMieGh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb3Rvci1saXN0cmlrL2QtNzE0MDc4Ny95YW1haGEtamFuZ2FuLXNhbXBhaS1iaWtpbi1tb3Rvci1saXN0cmlrLWRpa29tcGxhaW4tamFyYWstdGVtcHVobnlhLXBlbmRla9IBfGh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb3Rvci1saXN0cmlrL2QtNzE0MDc4Ny95YW1haGEtamFuZ2FuLXNhbXBhaS1iaWtpbi1tb3Rvci1saXN0cmlrLWRpa29tcGxhaW4tamFyYWstdGVtcHVobnlhLXBlbmRlay9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Yamaha: Jangan Sampai Bikin Motor Listrik Dikomplain Jarak Tempuhnya Pendek - detikOto"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.