Search

Kirim 17 Motor Bodong ke Luar Jawa, Sopir Truk Diupah Rp 1 Juta Per Kendaraan - Kompas.com

KOMPAS.com - Sebanyak 17 motor bodong ditemukan anggota Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pati, Jawa Tengah, dari sebuah truk, Selasa (9/7/2024).

Puluhan sepeda motor tanpa surat lengkap itu hendak dikirim ke luar Pulau Jawa.

Polisi menangkap sopir truk berinisial AM (28). AM mengaku mendapat Rp 1 juta untuk satu sepeda motor yang dia kirimkan.

"Menurut pengakuannya, AM sudah dua kali melakukan pengangkutan. AM mengaku hanya bertugas melakukan pengantaran dan mendapat upah Rp 1 juta per motor," ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polresta Pati Kompol Muhammad Alfan Armin, Kamis (11/7/2024), dikutip dari Tribun Jateng.

AM mengatakan, sepeda motor bodong itu didapat dari luar Pati pada beberapa hari sebelumnya. Jenisnya beragam, antara lain matik, bebek, maupun trail.

Pengambilan dilakukan secara bertahap. Kendaraan roda dua itu kemudian dikumpulkan. AM rencananya mengirim sepeda motor itu ke Kalimantan melalui Jawa Timur.

Baca juga: Pengiriman 17 Motor Bodong di Pati Digagalkan, Diangkut Truk dan Ditutupi Kasur


Kepada polisi, AM mengaku hanya berperan sebagai kurir.

Kasus dugaan penyelundupan motor bodong ini diketahui usai polisi menerima informasi soal truk yang mencurigakan. Truk itu terparkir di dekat rumah AM, Desa Tajungsari, Kecamatan Tlogowungu, Pati.

"Setelah dilakukan pengecekan, ditemukan 17 motor tanpa surat lengkap. Ada yang STNK saja dan ada yang sama sekali tak berdokumen," ucapnya.

Sepeda motor itu dimasukkan dalam bak truk. Lalu ditumpuki kasur.

"AM masih menunggu waktu keberangkatan, sehingga truk diparkir dulu di sekitar area rumahnya," ungkap Alfan.

Baca juga: Polisi Masih Periksa 3 Orang Pemilik Puluhan Kendaraan Bodong di Pati

Mengenai tumpukan kasur yang diduga dipakai untuk menyamarkan muatan motor bodong, AM mengaku memang ada orang yang menitipkan benda itu untuk dikirimkan ke Kalimantan.

Ketika perjalanan, seluruh muatan tersebut akan ditutup terpal.

Alfan menuturkan, polisi masih menyelidiki kasus pengiriman motor bodong ini. Adapun terkait peran AM, polisi sedang mendalaminya.

"Termasuk peran sesungguhnya dari AM masih kami dalami. Saksi-saksi juga masih dalam pemeriksaan," tuturnya.

Baca juga: Perburuan Kendaraan Bodong di Pati, 3 Orang dari 3 Kecamatan Diperiksa

Kompas.com (Penulis: Puthut Dwi Putranto Nugroho | Editor: Dita Angga Rusiana)

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Sopir Truk Dapat Cuan Rp 1 Juta per Motor yang Diselundupkan dari Pati ke Kalimantan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMieGh0dHBzOi8vcmVnaW9uYWwua29tcGFzLmNvbS9yZWFkLzIwMjQvMDcvMTQvMTkzNjEwMzc4L2tpcmltLTE3LW1vdG9yLWJvZG9uZy1rZS1sdWFyLWphd2Etc29waXItdHJ1ay1kaXVwYWgtcnAtMS1qdXRhLXBlctIBAA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kirim 17 Motor Bodong ke Luar Jawa, Sopir Truk Diupah Rp 1 Juta Per Kendaraan - Kompas.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.