Search

Viral, Video Mobil Memaksakan Pakai Spion Sepeda Motor - Otomotif Kompas.com

SOLO, KOMPAS.com - Penggunaan kaca spion pada kendaraan bermotor merupakan keharusan penting untuk memastikan keamanan dalam berkendara.

Namun, beredar video yang memperlihatkan mobil berwarna hitam yang berjalan menggunakan spion sepeda motor.

Video yang diunggah oleh akun TikTok @miratunisaa_, menuai banyak komentar mulai dari yang penting fungsinya hingga dugaan jika pengendara tersebut korban kemalingan spion mobil.

Baca juga: Agar Enggak Berembun, Pengemudi Bisa Menyetel AC Mobil Saat Hujan

@miratunisaa_ Tapi ini kreativ bgt bjir???? #fyp #soundviral #modif #Car #Riding #drivermuda ? suara asli - GeBe - Gebe Studio

 

“Inget ya gais spion mobil manapun gaada yg murah, salut sama bapaknya mentingin untuk utamakan kebutuhan dirumah, siapa tau dia lagi nabung buat beli spion,” tulis akun @siputkaleng_1.0mt.

“Bisa jdi habis kehilangan spion dripada bahaya di jalan beli spion motor dulu kayanya sehat trus bapk yg di mobil,” tulis akun @faatimaah.azzahraa.

“Utamakan fungsi bukan gengsi,” tulis @putra jawa.

Baca juga: Jangan Dibiarkan Sampai Botak, Cek Harga Ban Mobil per Juli 2024

Terlepas dari alasan penggunaan spion sepeda motor pada mobil tersebut, aturan kaca spion kendaraan bermotor baik mobil maupun motor telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2012 Pasal 37.

Selain itu, dalam masih dalam PP Nomor 55 Tahun 2012 Pasal 35 huruf b, dijelaskan spion kendaraan harus memenuhi dua persyaratan.

“Berjumlah 2 buah atau lebih, dan dibuat dari kaca atau bahan lain yang dipasang pada posisi yang dapat memberikan pandangan ke arah samping dan belakang dengan jelas tanpa mengubah jarak dan bentuk objek yang terlihat," tulis peraturan itu.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele Ban Mobil Kurang Udara

Adapun jenis kaca spion yang dipakai juga tidak bisa sembarangan karena harus bisa membuat objek belakang terlihat jelas.

Jika memilih spion aftermarket pastikan yang sesuai standar pabrikan. Maksudnya dari bahan yang dipakai dan harus bisa menangkap citra objek belakang secara luas, sehingga tidak menyulitkan pengendara saat ingin melihat kondisi belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMia2h0dHBzOi8vb3RvbW90aWYua29tcGFzLmNvbS9yZWFkLzIwMjQvMDcvMDYvMTMyMjAwMzE1L3ZpcmFsLXZpZGVvLW1vYmlsLW1lbWFrc2FrYW4tcGFrYWktc3Bpb24tc2VwZWRhLW1vdG9y0gEA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Viral, Video Mobil Memaksakan Pakai Spion Sepeda Motor - Otomotif Kompas.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.