Search

Tips Hindari Motor Listrik Loncat Saat Digas Bagi Pemula - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu kendala bagi pengguna baru sepeda motor listrik adalah menjinakkan torsi instan ketika baru pertama memutar pedal gas. Bila tak segera dimengerti bisa bikin pengalaman berkendara tak menyenangkan karena hentakan awal yang mengganggu.

Instruktur Safety Riding Astra Motor Sulselbartrabon, Wanny, menjelaskan karakter motor listrik punya torsi instan yang dapat menyebabkan akselerasi mendadak.

Kata dia hal ini membuat pengendara perlu mengontrol pegangan gas lebih hati-hati untuk menghindari kehilangan kendali.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sepeda motor itu, secara perawakan itu hampir semua sama, namun ada beberapa perbedaan karakter yang perlu dipahami agar berkendara selalu aman dan terhindar dari kecelakaan di jalan," kata dia di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (11/7).

Torsi instan itu datang dari proses penyaluran energi di motor listrik yang langsung ke roda belakang. Pada motor konvensional torsi yang berasal dari gerakan piston punya berbagai tahapan mekanis seperti ke crankshaft, transmisi lalu ke rantai atau belt CVT sebelum akhirnya menggerakkan roda belakang.

Masalah lain yang kerap menyelimuti pengguna baru motor listrik adalah soal kesenyapan suara dan getaran.

Wanny menjelaskan motor listrik seperti Honda EM1 e:, sama halnya seperti motor listrik pada umumnya yang sepi suara hingga hampir tidak terdengar. Ini perlu disikapi penyesuaian bukaan gas untuk akselerasi awal karena bisa jadi tak ada indikator lain yang bisa dirasakan seperti getaran mesin di motor konvensional.

Berkendara motor listrik dikatakan memerlukan kehati-hatian ekstra karena beberapa faktor spesifik itu. Wanny menyarankan membiasakan selalu menarik rem ketika menyalakan motor listrik dan melepasnya secara perlahan sembari dengan lembut menarik akselerasi pada tuas gas.

"Saat menarik gas sebaiknya rem belakangnya pegang, supaya mencegah jangan sampai sentakannya membuat pengendara kehilangan kendali, agar tidak langsung lompat istilahnya, kemudian lepas rem pelan-pelan, kalau sudah terbiasa, itu akan menjadi kebiasaan nantinya," tutur Wanny.

Hitung jarak tempuh

Tak hanya mengetahui cara memainkan gas, Wanny juga menyarankan pengendara motor listrik mengukur rute perjalanan, jarak, dan kapasitas jangkauan motor lisrik yang digunakan.

Misalnya, motor listrik Honda EM1 e: memiliki jarak tempuh maksimum 41,4 kilometer dengan kondisi baterai terisi penuh. Pastikan rute yang hendak dituju sesuai spesifikasi itu, Anda juga perlu memerhatikan bila perjalanan yang diinginkan bolak-balik.

Apabila sisa baterai yang dimiliki sepeda motor sedikit, Wanny menyarankan pengguna untuk menyesuaikan perjalanan.

Selain itu juga perlu mengetahui lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) maupun tempat yang bisa memungkinkan untuk mengisi daya.

(can/fea)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMieWh0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vb3RvbW90aWYvMjAyNDA3MTIxNjA3MjgtNjA4LTExMjA1OTgvdGlwcy1oaW5kYXJpLW1vdG9yLWxpc3RyaWstbG9uY2F0LXNhYXQtZGlnYXMtYmFnaS1wZW11bGHSAX1odHRwczovL3d3dy5jbm5pbmRvbmVzaWEuY29tL290b21vdGlmLzIwMjQwNzEyMTYwNzI4LTYwOC0xMTIwNTk4L3RpcHMtaGluZGFyaS1tb3Rvci1saXN0cmlrLWxvbmNhdC1zYWF0LWRpZ2FzLWJhZ2ktcGVtdWxhL2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Hindari Motor Listrik Loncat Saat Digas Bagi Pemula - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.