Search

Honda Siapkan Motor 4 Silindernya - Detikcom

Jakarta -

Pabrikan motor Jepang selalu berkompetisi menjadi yang terbaik untuk jadi pilihan pasar. Kemunculan teknologi atau motor baru umumnya akan akan diikut oleh merek lain.

Setelah kemunculan Kawasaki Ninja 4 silinder alias ZX-25R yang menarik antusiasme pasar, Honda juga sudah menyimpan paten untuk motor 4 silinder juga. Hak paten cetak biru motor itu telah diajukan European Intellectual Property Office.

Bedanya dengan Kawasaki, Honda memilih motor petualang atau seri ADV dari jajaran produknya untuk disematkan mesin 4 silinder ini. Rencana ini adalah hal baru di dunia motor petualang Honda, yang mana sebelumnya hanya punya satu, dua, dan tiga silinder. Saat ini di pasaran untuk motor petualangan 4 silinder hanya diisi oleh dua nama, Kawasaki Versys 1000 dan BMW S1000XR.

Berbicara mengenai paten motor 4 silinder Honda, motor ini tak jauh berbeda dari Versys 1000 dan BMW S1000XR. Desain motor cenderung sporty, alih-alih tampil liar. Velg pun dibuat lebih cocok untuk di aspal bukan di medan off road.

Pada hakikatnya, mesin 4 silinder tidak terlalu tepat dipautkan pada motor 4 silinder. Mesin 4 silinder cenderung lebih besar dibandingkan dengan silinder lebih rendah meski kubikasinya sama. Faktor ini bertolak belakang dengan ergonomi motor petualang yang baiknya ramping.

Alasan lainnya mesin 4 silinder aneh di motor petualangan adalah perihal kecocokan dan kebutuhan. Mesin 4 silinder biasanya digunakan untuk motor sporty jalanan aspal. Mesin ini mendapatkan kinerja baik untuk mendapatkan tenaga dan torsi di putaran atas, sedangkan motor petualang lebih cocok mengandalkan putaran bawah.

Terlepas dari tepat atau tidak penggunaannya, mesin empat silinder kemungkinan besar akan siap mengisi jajaran produk Honda lainnya. Sangat jarang sekali pabrikan mengembangkan sebuah mesin hanya untuk satu jenis motor saja.

Sebagai tambahan informasi, motor petualang 4 silinder ini akan menjadi bekal motor petualangan CRF650. Bisa diperkirakan jajaran motor Honda berkubikasi sekitar 650cc lainnya juga akan menjadi 4 silinder.

Simak Video "Astra Honda Pamer 12 Nama Pembalap Mudanya"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://oto.detik.com/motor/d-5003051/honda-siapkan-motor-4-silindernya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Honda Siapkan Motor 4 Silindernya - Detikcom"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.