Search

Buruan Sikat, Konversi Motor Listrik Gratis! - detikOto

Jakarta -

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kini memberikan program konversi motor bensin jadi listrik tanpa dikenakan biaya alias gratis. Bagaimana skemanya?

"Kementerian ESDM saat ini mengundang semua pemilik kendaraan motor roda dua, itu akses ke websitenya ESDM, nanti kami konversi secara gratis," ujar Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Eniya Listiani Dewi di Jakarta, Rabu, dikutip dari Antara.

Eniya menjelaskan bahwa untuk melakukan konversi motor bensin menjadi motor listrik membutuhkan biaya kira-kira Rp 15 juta hingga Rp 17 juta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saat ini, pemerintah sudah memberi subsidi atau bantuan sebesar Rp10 juta. Artinya biaya yang perlu dikeluarkan masyarakat untuk konversi masih tetap tinggi. Nah, Eniya mengatakan selisih itu bakal ditutup oleh program CSR (corporate social responsibility).

"Sebetulnya, selisih dari bantuan Rp10 juta itu sisanya ditanggung sendiri. Kita dibantu oleh program CSR juga, sehingga bisa gratis," kata Eniya.

ADVERTISEMENT

Dia mengajak pelaku usaha yang ingin memberi dukungan kepada pemerintah dalam menggalakkan konversi dari motor bensin ke motor listrik untuk turut memberikan CSR.

"Kalau ada perusahaan yang bisa mendukung kami juga, silakan kontak ke ESDM, ke tempat saya," kata Eniya.

Konversi motor listrik merupakan program pemerintah dalam rangka menekan polusi kendaraan dan impor bahan bakar minyak (BBM), yaitu mesin penggerak motor BBM lama diganti dengan mesin penggerak motor listrik berbasis baterai.

Rangka, rem serta sistem bukaan gas motor lama tetap dipertahankan, agar keamanan, kenyamanan serta rasa berkendara tetap sama layaknya mengenai motor BBM.

Konversi dapat dilakukan pada bengkel yang sudah disertifikasi oleh Kementerian ESDM. Untuk mengetahui lokasi bengkel di mana saja yang tersertifikasi, masyarakat bisa mengakses informasi tersebut melalui situs ebtke.esdm.go.id/konversi.

Simak Video "Penampakan Gunung Lewotobi Sudah Level IV Awas, Warga Diminta Menjauh"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiWGh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb3Rvci1saXN0cmlrL2QtNzMwODQ1My9idXJ1YW4tc2lrYXQta29udmVyc2ktbW90b3ItbGlzdHJpay1ncmF0aXPSAVxodHRwczovL290by5kZXRpay5jb20vbW90b3ItbGlzdHJpay9kLTczMDg0NTMvYnVydWFuLXNpa2F0LWtvbnZlcnNpLW1vdG9yLWxpc3RyaWstZ3JhdGlzL2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Buruan Sikat, Konversi Motor Listrik Gratis! - detikOto"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.