Search

Baterai Motor Listrik Drop, Harus Ganti Baru atau Bisa Diperbaiki? - detikOto

Jakarta -

Seiring lamanya pemakaian, baterai motor listrik akan mengalami penurunan fungsi atau drop. Lantas, dalam kondisi tersebut, haruskah komponen itu diganti baru? Atau cukup diperbaiki saja?

Awan Setiawan selaku Division Head United E-Motor memastikan, pihaknya menyediakan opsi perbaikan untuk baterai motor listrik yang tingkat kesehatannya mulai menurun. Sehingga, konsumen tak perlu mengeluarkan dana besar untuk membeli baterai baru.

"(Harga) baterai motor listrik sampai Rp 9 juta. Salah satu ketakutan konsumen beli motor listrik adalah baterainya mahal. Nah solusi dari kami kalau bermasalah, bisa di-repair," ujar Awan Setiawan saat ditemui di Alam Sutera, Tangerang Selatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tapi sampai sekarang mungkin kami satu-satunya brand motor listrik yang baterainya nggak pernah ada isu. Kalau memang ada kasus drop, kita ada opsi untuk repair," tambahnya.

Awan mengklaim, sebagai produsen motor listrik lokal, pihaknya punya manufaktur dan vendor baterai sendiri. Sehingga, ketika ada kerusakan atau masalah di bagian tertentu, konsumen tak perlu melakukan penggantian penuh yang menelan banyak biaya.

ADVERTISEMENT

"Motor listrik kita baterainya bisa di-repair, karena kita punya manufaktur dan vendor baterai sendiri. Jadi motor listrik United kalau baterainya sudah drop, kita akan cek satu-satu. Kalau hanya perlu direpair, biaya per cell-nya cuma Rp 100 ribu. Lalu kalau soket rusak, nggak perlu ganti sepaket. Cukup soketnya aja," kata dia.

Sayangnya, tak semua produsen motor listrik di Indonesia menyediakan opsi reparasi untuk baterai yang mengalami masalah atau penurunan fungsi. Sebagian besar hanya menyediakan opsi pergantian unit baru.

Sebagai catatan, United E-Motor saat ini sudah menjual sejumlah produk di Indonesia, yakni United TX3000, TX1800, T1800 dan MX1200. Mereka mengklaim motor listriknya terjual 11 ribuan unit selama 2023. Angka itu naik dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Simak Video "Murah Meriah! Motor Listrik Dapat Potongan Subsidi Rp 7 Juta di Transmart"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/din)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMibmh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb3Rvci1saXN0cmlrL2QtNzI4ODQ4NC9iYXRlcmFpLW1vdG9yLWxpc3RyaWstZHJvcC1oYXJ1cy1nYW50aS1iYXJ1LWF0YXUtYmlzYS1kaXBlcmJhaWtp0gFyaHR0cHM6Ly9vdG8uZGV0aWsuY29tL21vdG9yLWxpc3RyaWsvZC03Mjg4NDg0L2JhdGVyYWktbW90b3ItbGlzdHJpay1kcm9wLWhhcnVzLWdhbnRpLWJhcnUtYXRhdS1iaXNhLWRpcGVyYmFpa2kvYW1w?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Baterai Motor Listrik Drop, Harus Ganti Baru atau Bisa Diperbaiki? - detikOto"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.