Search

5 Bagian Motor yang Mudah Terkena Karat - detikOto

Jakarta -

Libur lebaran 2024 telah usai. Bagi Anda yang mengisi liburan dengan touring menggunakan sepeda motor, jangan lupa untuk merawat kendaraan kesayangan Anda. Sebab terdapat beberapa bagian motor yang mudah sekali terkena karat.

"Ada baiknya setelah touring jarak jauh, motor mendapatkan perawatan untuk menjaga agar tampilan lebih prima. Sebaiknya sepeda motor segera dicuci secara mendetail. Alasannya, karena kondisi medan jalan yang telah ditempuh selama perjalanan memungkinkan kotoran debu dan lumpur mengendap di sela-sela bagian bawah motor," kata Roddy Raymond Halim dari SCT Motodetailing, dalam keterangan resminya.

Bagaimana jika motor tidak segera dibersihkan? Nah, ada beberapa efek negatif jika kondisi sepeda motor tidak dirawat dengan baik. Contoh dampak negatif jika tidak segera dibersihkan, maka dapat menimbulkan karat yang berbahaya untuk sepeda motor kesayangan Anda.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Secara umum, ada lima bagian motor yang rawan terserang karat. Yang pertama adalah bagian kaki-kaki, khususnya swingarm. Komponen ini merupakan bagian dari sistem suspensi yang berfungsi menopang bodi motor. Posisinya terletak di bawah motor, sehingga mudah terkena cipratan air, campuran lumpur, dan pasir.

Selanjutnya adalah sokbreker. Komponen yang juga bernama suspensi ini juga rawan terkena korosi, karena posisinya dekat roda motor sehingga akan sering kena air hujan, lumpur, dan pasir.

ADVERTISEMENT

Ketiga adalah bagian knalpot alias exhaust. Bagian yang rawan terkena karat adalah bagian leher knalpot. Selanjutnya rangka atau sasis. Apabila rangka tidak segera dibilas setelah kena kotoran atau air hujan, maka bisa diserang karatan. Rangka yang karatan sangat berbahaya, karena bisa membuat motor patah.

Terakhir adalah bagian rantai, khususnya buat motor bebek dan sport. Rantai yang jarang dilumasi dan jarang dicuci setelah kena kotoran atau air hujan, juga bisa kena karat.

Supaya motor Anda benar-benar bersih menyeluruh setelah digunakan untuk perjalanan jauh, maka Anda bisa mencuci motor Anda di jasa detailing. Kisaran ongkosnya, buat cuci motor dengan paket premium wash dibanderol Rp 35 ribu. Sedangkan paket Wash & Polish dikemas mulai Rp 150 ribu, dan Motodetailing dibanderol mulai Rp 350 ribu. Sedang untuk Nano Ceramic Coating, biayanya mulai Rp 750 ribu.

Simak Video "Lalu Lintas Padat Menuju Taman Margasatwa Ragunan di H+4 Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiV2h0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS90aXBzLWFuZC10cmlja3MvZC03MzAyNzYwLzUtYmFnaWFuLW1vdG9yLXlhbmctbXVkYWgtdGVya2VuYS1rYXJhdNIBW2h0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS90aXBzLWFuZC10cmlja3MvZC03MzAyNzYwLzUtYmFnaWFuLW1vdG9yLXlhbmctbXVkYWgtdGVya2VuYS1rYXJhdC9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Bagian Motor yang Mudah Terkena Karat - detikOto"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.