Search

Motor Listrik Konversi Ternyata Dapat Garansi dari Bengkel, Berapa Lama? - detikOto

Jakarta -

Kementerian ESDM memastikan, motor bensin yang dikonversi ke motor listrik mendapat garansi layaknya kendaraan baru. Sehingga, pemilik tak perlu risau seandainya motor konversinya mengalami masalah di kemudian hari.

Devi Laksmi selaku Koordinator Kelompok Kerja Pengembangan Usaha Konservasi Energi Kementerian ESDM menjelaskan, garansi tersebut nantinya akan ditanggung bengkel rekanan pemerintah yang mengonversi kendaraan. Garansi terlama ditujukan untuk komponen baterai.

"Itu garansinya ada di komponen utama. Ada baterai, BLDC dan kontroler. Itu masing-masing ada di petunjuk teknis. Baterai tiga tahun, BLDC 2 tahun dan kontrolernya setahun," ujar Devi Laksmi saat ditanya detikOto di Jakarta Pusat, belum lama ini.

Bengkel konversi motor BBM ke Listrik/Sylke Febrina Laucereno-detikcomMotor listrik konversi dapat garansi dari bengkel. Foto: Bengkel konversi motor BBM ke Listrik/Sylke Febrina Laucereno-detikcom

Menurut Devi, pengujian motor listrik konversi akan dilakukan secara ketat dan bertahap. Sehingga, kemungkinan terjadinya malfungsi atau masalah di kendaraan sangat minim. Meski demikian, untuk meyakinkan pengguna, garansi tetap diberikan.

"Jadi uji tipenya kan satu-satu, per kendaraan, bukan sampling," ungkapnya.

Pengajuan Konversi Motor Listrik Jauh dari Target

Hingga pertengahan bulan ini, Kementerian ESDM mencatat, baru ada 200 unit motor bensin yang telah diajukan subsidi konversi. Padahal target maksimalnya mencapai 50 ribu unit setahun.

"Jadi ada 200 unit yang mengajukan (konversi) lewat platform digital. Saat ini masih proses verifikasi di bengkelnya seperti melihat dokumen-dokumennya dulu. Kalau target, paling banyak 50 ribu unit," terangnya.

Motor BBM yang dikonversi ke motor listrik juga mendapat subsidi Rp 7 juta dari pemerintah. Program konversi sendiri ada beberapa syarat untuk mendapatkannya. Apa saja?Motor listrik konversi. Foto: A.Prasetia/detikcom

Devi sadar, pengajuan motor listrik konversi masih jauh dari target maksimal. Itulah mengapa, pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan minat masyarakat. Selain menambah bengkel rekanan, mereka juga menggelar penyuluhan di daerah-daerah.

"Bagaimana mencapai target tersebut? Sosialisasi. Kami juga ada sosialisasi sendiri di daerah-daerah. Dan kami memberikan pelatihan ke bengkel calon konversi. Ya kemudian sudah pasti kami memperbanyak bengkel konversi. Kami terus tambah," ungkapnya.

Menurut Devi, saat ini ada enam bengkel yang menangani program konversi motor listrik subsidi. Namun, dia memastikan, jumlahnya akan terus bertambah di kemudian hari.

"Bengkel konversi yang sudah terlibat itu ada enam. Menyusul lagi dua, dan menyusul lagi 14 bengkel yang sekarang masih melengkapi kekurangan secara teknis. Jadi (nanti) ada 22 bengkel konversi," kata Devi.

Simak Video "Tetap Gagah! Wujud Yamaha XSR 155 yang 'Disetrum' Jadi Motor Listrik "
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/rgr)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMibGh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb3Rvci9kLTY3NDQ4MzgvbW90b3ItbGlzdHJpay1rb252ZXJzaS10ZXJueWF0YS1kYXBhdC1nYXJhbnNpLWRhcmktYmVuZ2tlbC1iZXJhcGEtbGFtYdIBcGh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb3Rvci9kLTY3NDQ4MzgvbW90b3ItbGlzdHJpay1rb252ZXJzaS10ZXJueWF0YS1kYXBhdC1nYXJhbnNpLWRhcmktYmVuZ2tlbC1iZXJhcGEtbGFtYS9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Motor Listrik Konversi Ternyata Dapat Garansi dari Bengkel, Berapa Lama? - detikOto"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.