Search

Viral Rem Motor Wisatawan Mojokerto Blong Sampai Tersangkut ke Pohon, Perhatikan 4 Cara Mudah Merawat Kampas Rem - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Rem blong kerap kali menjadi penyebab dari terjadinya kecelakaan. Pasalnya rem merupakan salah satu  bagian dari kendaraan yang paling penting.

Tanpa adanya rem kendaraan tidak akan berhenti sampai menabrak sesuatu. Belum lama ini pun terdapat kejadian serupa yang sedang viral di media sosial.

Video yang diunggah melalui akun Instagram @viralno.1 tersebut menunjukan satu unit motor berkelir merah yang tersangkut di pohon. Kejadian itu terjadi di kabupaten Mojokerto, Jawa Timur Senin (01/05//2023).

Menurut sejumlah informasi, motor tersebut ditunggangi oleh pengendara laki-laki dan perempuan yang merupakan wisatawan. Kabarnya insiden ini terjadi karena rem motor merah itu blong saat melintasi turunan tajam.

Karena itu, motor pun melaju kencang sampai melintasi dinding sekam setinggi dua meter. Motor pun akhirnya tersangkut di pohon yang ada di balik dinding sekam.

Melihat kecelakaan tunggal tersebut, warga pun langsung membantu menurunkan motor. Akibatnya, kedua korban pun mengalami luka-luka dan patah tulang. 

Dari kejadian ini dapat disimpulkan, menjaga kesehatan rem pada kendaraan bukanlah hal yang sepele. Jika tidak diperhatikan, mungkin dampaknya bisa lebih buruk dari insiden di Mojokerto tersebut.

2 dari 3 halaman

4 Tips Merawat Kampas Rem Sepeda Motor

Untuk itu, berikut beberapa tips mudah merawat kampas rem yang dikutip dari wahanahonda:

1. Bersihkan kampas rem secara rutin

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkannya secara rutin. Terlebih jika motor baru saja digunakan untuk melintasi hujan atau jalanan yang digenangi air maupun lumpur. 

Hal ini disebabkan kampas rem sangat rawan kotor dan jika tidak dibersihkan dapat mengganggu efektivitas kinerjanya. Untuk membersihkan komponen yang satu ini cukuplah mudah. 

Caranya dapat dilakukan hanya dengan membasuhnya menggunakan air bersih dan pastikan debu, pasir, lumpur atau kotoran lain tidak menempel. Dengan demikian, kampas rem dapat berfungsi optimal seperti sedia kala.

2. Pastikan terdapat jarak antara kampas rem dengan piringan cakram

Berikutnya, Pastikan bahwa kampas rem memiliki jarak bebas dengan piringan cakram. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya gesekan antara dua komponen tersebut sebelum tuas rem digunakan.

Jika jarak yang antar kampas rem dengan piringan cakram belum sempurna, komponen ini dapat diatur sendiri dengan memutar roda ban. Apabila terdapat gesekan, artinya posisi tersebut masih kurang tepat. 

Jika seperti itu, maka pengendara harus membenahinya kembali untuk mendapatkan posisi yang paling sempurna.

3 dari 3 halaman

3. Pastikan bearing atau laher motor selalu terlumasi

Bearing atau yang lebih sering disebut dengan laher maupun bantalan adalah sebuah komponen pada motor yang bertugas untuk mengurangi gesekan dengan rumah as yang ada di velg. Dengan demikian perputaran roda motor akan jauh lebih stabil dan lebih nyaman digunakan berkendara di jalan raya.

Komponen ini juga harus diperhatikan untuk membantu perawatan kampas rem. Pastikanlah bearing selalu dalam kondisi terlumasi dengan baik. 

Dengan demikian fungsinya akan jauh lebih maksimal untuk digunakan.

4. Hindari penggunaan rem mendadak

Tips terakhir yang bisa dilakukan untuk merawat kampas rem adalah dengan berkendara hati-hati. Hindari berkendara dengan kecaepatan tinggi dan kemudian melakukan pengerem mendadak. 

Sebab selain berbahaya, hal ini juga dapat membuat kampas rem lebih cepat aus dan mengurangi usia pakainya.

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMingFodHRwczovL3d3dy5saXB1dGFuNi5jb20vb3RvbW90aWYvcmVhZC81Mjc0OTg2L3ZpcmFsLXJlbS1tb3Rvci13aXNhdGF3YW4tbW9qb2tlcnRvLWJsb25nLXNhbXBhaS10ZXJzYW5na3V0LWtlLXBvaG9uLXBlcmhhdGlrYW4tNC1jYXJhLW11ZGFoLW1lcmF3YXQta2FtcGFzLXJlbdIBlAFodHRwczovL3d3dy5saXB1dGFuNi5jb20vYW1wLzUyNzQ5ODYvdmlyYWwtcmVtLW1vdG9yLXdpc2F0YXdhbi1tb2pva2VydG8tYmxvbmctc2FtcGFpLXRlcnNhbmdrdXQta2UtcG9ob24tcGVyaGF0aWthbi00LWNhcmEtbXVkYWgtbWVyYXdhdC1rYW1wYXMtcmVt?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Viral Rem Motor Wisatawan Mojokerto Blong Sampai Tersangkut ke Pohon, Perhatikan 4 Cara Mudah Merawat Kampas Rem - Liputan6.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.