Search

Mengekor Mobil, Penjualan Sepeda Motor Juga Mulai Ngacir - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Industri sepeda motor kini mulai bergeliat mengekor capaian penjualan mobil Juni 2020 yang melonjak hampir 4 kali lipat. Setelah dihajar habis-habisan oleh Covid-19 selama beberapa bulan terakhir, penjualan di bulan Juni lalu diklaim bisa lebih baik dari dua bulan sebelumnya.

"Bulan Juni market sudah mulai membaik. Lebih baik dari realisasi Mei bahkan April. Mohon maaf saya belum bisa sampaikan figur angkanya saat ini. Mudah-mudahan Juli ini bisa lebih baik lagi," kata Public Relation Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Ahmad Muhibbuddin kepada CNBC Indonesia, Selasa (21/07/2020).

Sebagai catatan, pada bulan April 2020 lalu penjualan sepeda motor untuk pasar domestik tercatat hanya 123.782 unit. Kinerjanya anjlok parah dibanding bulan sebelumnya yang berjumlah 561.739 unit.


Data lebih mengenaskan terjadi pada bulan Mei lalu dimana penjualan hanya berjumlah 21.851 unit. Padahal di waktu year on year (YoY) dengan tahun 2019 lalu, jumlah penjualan motor mencapai 561.657 unit.

Namun, setidaknya tanda-tanda kebangkitan industri sepeda motor mulai terlihat dengan meningkatnya penjualan. Salah satu alasannya adalah penurunan down payment (DP) dari perusahaan leasing.

Mulanya, syarat DP mobil dan juga mobil sempat menyentuh 40% dari harga keseluruhan. Upaya itu untuk menyaring masyarakat yang dinilai mampu atau tidak. Namun dampaknya ada pada penurunan penjualan.

"Dalam kondisi seperti saat ini, financial company, kami harus banyak bahu membahu dan kerja sama dengan mereka karena memang sekitar 70% pembelian dilakukan kredit. Hanya saja memang saat ini lebih banyak financial company yang prudent dalam menyalurkan kredit," jelas Muhibbuddin.

Indikasi kenaikan penjualan sepeda motor, ini mengekor capaian positif penjualan mobil. 

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), penjualan mobil selama Juni 2020 mencapai 12.623 unit, melesat 255% dari Mei 2020 yang hanya 3.551 unit. Meski demikian, jika dibandingkan dengan Juni tahun lalu yang mencapai 59.600 unit, penjualan mobil Juni 2020 ambles 78%.

Secara total, penjualan mobil selama Januari-Juni 2020 mencapai 260.933 unit, terkoreksi 45,87% dari Januari-Juni 2019 sebanyak 482.097 unit. Tahun lalu, total penjualan mobil nasional menembus 1.030.126 unit.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://www.cnbcindonesia.com/news/20200721173415-4-174404/mengekor-mobil-penjualan-sepeda-motor-juga-mulai-ngacir

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Mengekor Mobil, Penjualan Sepeda Motor Juga Mulai Ngacir - CNBC Indonesia"

  1. Halo semuanya
    Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu yang baik karina roland untuk membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berutang bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia teman saya memanggil susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Ny. karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi Susan Ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Ny. karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya dipaksa untuk menaruh keberanian dan saya menghubungi Ny. dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan diteruskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang kerja yang baik dari ibu karina roland jadi saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Mrs. karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +15857083478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mrs.karina Rola dan email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga tuhan terus memberkati dan mencintai ibu karina roland 'untuk mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.