Search

Toyota Juga Pernah Membuat Sepeda Motor - Medcom ID

Jepang: Sejumlah merek asal Jepang, sebut saja Honda dan Suzuki, memproduksi mobil dan sepeda motor hingga sekarang ini. Ternyata selain mereka berdua, dahulu kala Toyota juga melakukan strategi bisnis yang sama.
 
Jenama asal Jepang satu ini pernah berbisnis sepeda motor untuk dijual kepada konsumen pada periode tahun 1949-1960. Kala itu, unit roda dua yang mereka tawarkan diberi nama Toyo Motors.
 
Lahirnya Toyo Motors ini tidak terlepas dari andil Kazuo Kawamata yang sudah menggandrungi dunia mesin sejak usia 20 tahun. Bahkan dia sudah bekerja paruh waktu di Toyota Motor Research laboratory pada tahun 1942, di bawah kepemimpinan pendiri Toyota Kiichiro Toyoda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengingat dia bekerja di bagian riset, dia mendapatkan tugas untuk mengembangkan mesin yang bisa digunakan di sepeda. Di tahun-tahun ini pengembangan terbilang cukup sulit karena berbarengan juga dengan perang dunia 1 yang sedang berlangsung, dan Jepang juga sedang terlibat berperang.
 
Usai perang dunia 2, kebutuhan masyarakat Jepang akan alat transportasi handal namun tetap irit dalam hal bahan bakar meningkat. Kondisi ini kemudian membawa Kazuo mendirikan perusahaan Toyo Motors sekitar tahun 1949, dan langsung di bawah payung Toyota.
 
Penjualan sepeda motornya akhirnya mulai dijual pada tahun 1952 ternyata mendapatkan sambutan baik. Catatan dalam setahun, kuda besi mereka laris terjual 10 ribu unit per tahun.
 
Angka itu terbilang cukup baik karena kondisi saat itu masih sulit pasca perang. Sayangnya Toyo Motor tidak bertahan lama, karena mereka gulung tikar pada tahun 1960. Tidak ada informasi yang bisa memastikan kenapa bisa gulung tikar, diduga karena mengalami berbagai kendala, termasuk dalam pengembangan produk.
 
Sebagai perbandingan, dua tahun sebelum Toyo Motors bangkrut, Honda meluncurkan sepeda motor pertamanya pada tahun 1958. Model ini menjadi cikal bakal bisnis sepeda motor Honda hingga sekarang ini, termasuk sepeda motor yang banyak digunakan masyarakat di Indonesia.
 
(ERA)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://www.medcom.id/otomotif/motor/1bV2qvWb-toyota-juga-pernah-membuat-sepeda-motor

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Toyota Juga Pernah Membuat Sepeda Motor - Medcom ID"

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.