Search

4 Cara Atasi Kunci Motor yang Macet Tak Bisa Diputar - Otomotif Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Motor keluaran lama diketahui masih menggunakan kunci untuk menyalakan mesin. Sayangnya masih ditemukan masalah sering terjadi kunci motor tidak bisa diputar atau macet.

Penyebab kunci motor macet sangat beragam, mulai dari pemakaian pengguna yang tidak benar, hingga endapan air masuk ke kontak kunci. Namun penyebab kunci motor macet yang paling utama adalah kotoran yang masuk ke kontak kunci seperti debu dan tetesan air.

Saat terjadi macet namun terlalu memaksakan memutar kunci bukan tidak mungkin terjadi patah hingga menyangkut di kontak kunci. Untuk itu perlu diketahui secara tepat bagaimana mengatasi kunci motor macet dengan aman dan benar.

Berikut cara mengatasi kunci motor yang tidak bisa diputar dikutip dari Wahana Honda, Jumat, 8 Desember 2023:

1. Tekan Kunci dan Putar Setir

Cara awal untuk mengatasi kunci motor yang tidak bisa diputar adalah dengan menekan kunci motor dan memutar setir ke kiri dan kanan. Hal ini dilakukan untuk mencari celah agar kunci dapat bergerak. Pastikan memutar kunci dan setir sekuat-kuatnya.

2. Pelumas Besi

Cara lain untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan dan melumasi silinder kunci. Ini dapat dilakukan dengan menyemprot silinder kunci dengan cairan pembersih kontak elektrik untuk membersihkannya dari kotoran.

Kemudian teteskan sedikit cairan grafit guna melumasinya. Saat proses ini dilakukan, putar kunci sekuat-kuatnya sambil menggoyangkan setir.

3. Kunci Bengkok

Scroll Untuk Melanjutkan

Mungkin jarang disadari, namun salah satu penyebab kunci motor tidak bisa diputar adalah karena kunci yang sudah bengkok.

Untuk membuktikan bengkok atau tidak, letakan kunci di tempat yang datar, pasti akan terlihat apakah kunci itu bengkok atau tidak. Jika kunci dalam posisi bengkok, segera perbaiki atau langsung ganti dengan yang baru.

4. Posisi Kunci Salah

Pada beberapa jenis silinder kunci, selongsong mungkin berada dalam posisi yang terkunci, hingga per-nya tidak mampu mendorongnya kembali. 

Oleh karena itu, jangan tergesa-gesa ketika memasukkan kunci pada kontak agar posisi kunci dalam posisi yang benar dan dapat diputar.

Namun jika semua langkah di atas sudah dilakukan, dan kunci tetap macet. Segera hubungi tenaga ahli untuk menanganinya atau pergi ke bengkel resmi.

Pilihan Editor: Daftar Promo Motor Honda di Akhir Tahun, Ada Diskon hingga Rp 5 Juta

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiW2h0dHBzOi8vb3RvbW90aWYudGVtcG8uY28vcmVhZC8xODA2NzU5LzQtY2FyYS1hdGFzaS1rdW5jaS1tb3Rvci15YW5nLW1hY2V0LXRhay1iaXNhLWRpcHV0YXLSAVpodHRwczovL290b21vdGlmLnRlbXBvLmNvL2FtcC8xODA2NzU5LzQtY2FyYS1hdGFzaS1rdW5jaS1tb3Rvci15YW5nLW1hY2V0LXRhay1iaXNhLWRpcHV0YXI?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "4 Cara Atasi Kunci Motor yang Macet Tak Bisa Diputar - Otomotif Tempo"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.