Search

Motor Listrik Pertama Suzuki Dipastikan Meluncur Tahun Depan! - detikOto

Jakarta -

Suzuki Motor Corporation (SMC) memastikan akan meluncurkan motor listrik pertama tahun depan.

Kepastian tersebut disampaikan langsung General Manager Suzuki, Akira Kyuji. Dia yakin, pihaknya berada di jalur yang tepat dalam persaingan pasar roda dua yang sangat dinamis saat ini. Suzuki tidak ingin ketinggalan dan siap berinvestasi dalam energi bahan bakar alternatif dan berkelanjutan.

"Kecuali ada sesuatu yang mengubah situasi secara drastis di masa depan, rencana pengembangan sesuai dengan rencana kami. Utamanya, mereka adalah penumpang kecil, seperti penumpang 125 yang setara karena ruang untuk sepeda motor dan skuter untuk baterai sangat terbatas," kata Kyuji dalam wawancara eksklusifnya dengan MCN, dikutip Sabtu, (16/12/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Bahkan jika kami memiliki baterai dengan kualitas terbaik, jangkauan yang dapat kami tempuh tentu saja sangat terbatas, jadi itu berarti kami akan memulainya dengan penumpang komuter," tambahnya.

Motor listrik Suzuki.Motor listrik Suzuki. Foto: Suzuki Japan

Suzuki sebenarnya sudah lama menantikan momen ini. Sejak bulan Januari 2023 lalu, mereka mengumumkan niat untuk memproduksi motor yang lebih ramah lingkungan, khususnya motor listrik. Kala itu, pabrikan roda dua asal Jepang ini menargetkan untuk memperkenalkan sepeda motor plug-in pertama pada tahun 2024 dan meluncurkan delapan model EV pada tahun 2030.

Jumlah investasinya ditaksir mencapai £12,4 miliar atau setara Rp 243 triliun dalam bidang penelitian dan pengembangan. Sementara itu, ada tambahan belanja modal sekitar £15,5 miliar atau Rp 304 triliun untuk operasi mereka secara keseluruhan, dengan sekitar Rp 60 triliun akan digunakan untuk investasi terkait baterai.

Motor listrik Suzuki.Motor listrik Suzuki. Foto: Suzuki Japan

Meski mulai menjajaki pasar kendaraan listrik, Suzuki janji tetap berkomitmen pada mesin pembakaran. Mereka tidak akan bergeser secara penuh. Di Indonesia, Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga baru saja meluncurkan Suzuki Burgman Street 125 EX dengan harga Rp 24,7 juta OTR Jakarta pada bulan Oktober lalu.

Wah, gimana nih, detikers? Tertarik dengan motor listrik Suzuki tahun depan?

Simak Video "Keren! Siswa SMKN 1 Majalengka Rakit Motor Listrik dari Barang Rongsok"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/lth)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiYmh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb3Rvci9kLTcwOTMzNDgvbW90b3ItbGlzdHJpay1wZXJ0YW1hLXN1enVraS1kaXBhc3Rpa2FuLW1lbHVuY3VyLXRhaHVuLWRlcGFu0gFmaHR0cHM6Ly9vdG8uZGV0aWsuY29tL21vdG9yL2QtNzA5MzM0OC9tb3Rvci1saXN0cmlrLXBlcnRhbWEtc3V6dWtpLWRpcGFzdGlrYW4tbWVsdW5jdXItdGFodW4tZGVwYW4vYW1w?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Motor Listrik Pertama Suzuki Dipastikan Meluncur Tahun Depan! - detikOto"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.