Search

Orang Pertama yang Punya Motor di Indonesia Ternyata Berasal dari Probolinggo Jawa Timur - Liputan6.com

John C. Potter, seorang masinis pabrik gula di Umbul, Probolinggo, muncul sebagai figur unik pada awal abad ke-20 dengan menjadi orang pertama di Hindia Belanda yang memiliki sepeda motor. Sebagai warga Inggris, Potter melakukan pemesanan langsung sepeda motor dari pabrik Hildebrand und Wolfmuller di Muenchen, Jerman, yang pada saat itu menjadi produsen sepeda motor terkemuka. Kehadiran sepeda motor di tengah masyarakat Hindia Belanda memberikan nuansa modernitas yang kontras dengan kendaraan tradisional seperti delman atau sado yang ditarik oleh kuda.

Pemesanan sepeda motor oleh Potter mengejutkan pihak Hildebrand und Wolfmuller, terutama karena Hindia Belanda terletak di luar wilayah Eropa yang pada masa itu mungkin dianggap sulit diakses. Abdul Hakim dalam tulisannya di Jakarta Tempo Doeloe mencatat kekagetan pemilik pabrik tersebut ketika menerima surat pesanan dari Probolinggo. Meskipun mungkin mereka mengalami kesulitan menemukan letak kota di Jawa Timur pada peta, pemesanan ini menjadi bukti awal minat global terhadap sepeda motor sebagai kendaraan pribadi.

Dengan munculnya sepeda motor di Hindia Belanda, terutama lewat kepemilikan eksklusif John C. Potter, masyarakat setempat mulai terpapar pada inovasi dan modernitas transportasi. Sepeda motor, yang pada masa itu merupakan simbol kemajuan teknologi, menjadi daya tarik bagi orang-orang yang mencari alternatif mobilitas yang lebih efisien dan modern.

Potter dianggap ajaib karena kendaraannya mampu beroperasi tanpa perlu menggunakan rantai, kopling, magnit, baterai, atau seutas kabel pun. Menurut Abdul Hakim, peralatan yang dimiliki hanya terdiri dari dua silinder horizontal dan dua tabung pemanas, dengan bahan bakar berupa bensin atau naphta (minyak bumi berwarna kuning). Sebelum dapat dioperasikan, motor ini harus dihidupkan terlebih dahulu selama 20 menit.

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMihwFodHRwczovL3d3dy5saXB1dGFuNi5jb20vY2l0aXplbjYvcmVhZC81NDg5NzQ1L29yYW5nLXBlcnRhbWEteWFuZy1wdW55YS1tb3Rvci1kaS1pbmRvbmVzaWEtdGVybnlhdGEtYmVyYXNhbC1kYXJpLXByb2JvbGluZ2dvLWphd2EtdGltdXLSAQA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Orang Pertama yang Punya Motor di Indonesia Ternyata Berasal dari Probolinggo Jawa Timur - Liputan6.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.