Search

Maaf! Kawasan Pusat IKN Dilarang Pakai Motor, Gantinya Ini - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah tengah menggodok sejumlah aturan terkait transportasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), khususnya di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Rencananya kawasan ini bakal bebas dari kendaraan bermotor roda dua.

"Di KIPP tidak ada operasional kendaraan roda dua nantinya. Itu yang kita rencanakan. Tapi itu tergantung politik kita tahun depan bagaimana," kata Chief Urban Mobility Otorita IKN (OIKN) Resdiansyah di kantor Roatex Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Padahal, keberadaan kendaraan roda dua seperti di Jakarta sangat berguna untuk alat mobilitas logistik hingga makanan. Karena itu, akan ada aturan dimana pengantaran makanan menggunakan alat mobilitas individual berkecepatan di bawah 25 Km per jam atau disebut micromobility atau semacam skuter listrik.

"Micromobility-nya itu tidak boleh di jalan raya lho, ada praktik khusus yang kita buat. Jadi kalau mau go food sebagainya, silakan itu pakai micromobility, tidak pakai motor," sebut Resdiansyah.

WIKAFoto: dok WIKA
WIKA

Lebih lanjut, pemerintah juga bakal memasifkan penggunaan transportasi publik dibanding kendaraan pribadi, targetnya minimal 80% masyarakat menggunakan transportasi publik. Selain masyarakat, pejabat pun didorong untuk menggunakan transportasi publik ini.

"Ya (Ada kemungkinan pejabat publik pakai public transport di sana). Kecuali kendaraan dinas seperti Presiden, masa kita suruh jalan kaki. Ada spesifikasi khusus kendaraan pribadi itu seperti kendaraan dinas, kendaraan kenegaraan, itu nanti ada peraturannya," sebutnya.

Sementara kendaraan di KIPP bukan lagi kendaraan bensin, melainkan kendaraan listrik (electric vehicle/EV). Namun bukan diterapkan secara langsung, melainkan diberlakukan transisi hingga 2045, sehingga tidak menutup kemungkinan mobil-mobil hybrid juga bisa beroperasi di sana.

"Akan ada transisi masih kita lihat. Tapi kalau di KIPP khususnya, fully EV. Kita harus punya strong commitment, kalau tidak, tidak akan tercapai 80% public transport" ujar Resdiansyah.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Akhirnya Sengketa Lahan di IKN Beres di Tangan Luhut


(fys/wur)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMic2h0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL25ld3MvMjAyMzEyMDUxNjU5MjEtNC00OTQ3NTYvbWFhZi1rYXdhc2FuLXB1c2F0LWlrbi1kaWxhcmFuZy1wYWthaS1tb3Rvci1nYW50aW55YS1pbmnSAXdodHRwczovL3d3dy5jbmJjaW5kb25lc2lhLmNvbS9uZXdzLzIwMjMxMjA1MTY1OTIxLTQtNDk0NzU2L21hYWYta2F3YXNhbi1wdXNhdC1pa24tZGlsYXJhbmctcGFrYWktbW90b3ItZ2FudGlueWEtaW5pL2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Maaf! Kawasan Pusat IKN Dilarang Pakai Motor, Gantinya Ini - CNBC Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.