Search

7 Penyebab Sekring Motor Putus - CNN Indonesia

Daftar Isi
CNN Indonesia --

Arus listrik yang terdapat pada motor terkadang bisa mengalami malafungsi karena terjadi masalah pengisian. Jika tidak diantisipasi, maka perangkat elektronik dan komponen kelistrikan bisa rusak saat arus listrik melonjak signifikan.

Untuk meminimalisir resiko kerusakan pada saat arus listrik naik tiba-tiba, pabrikan sepeda motor melakukan antisipasi dengan menambahkan sekring yang diletakkan pada sirkuit sistem kelistrikan kendaraan.

Sekring sendiri berfungsi untuk menyerap arus listrik yang berlebihan sebelum menuju ke perangkat elektronik dan komponen kendaraan lainnya. Pada saat terjadi lonjakan arus listrik yang besar, sekring motor akan terputus lantaran menyerap kelebihan arus yang timbul pada saat itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Terdapat dua jenis sekring motor, yakni yang berbentuk tabung dan juga fuse blade atau sekring tancap. Sekring tabung kini sudah mulai ditinggalkan karena membutuhkan tempat yang cukup luas untuk memasangnya, sebagai gantinya motor keluaran terbaru menggunakan sekring fuse blade yang lebih ringkas.

Penyebab sekring motor putus

Jika tidak ada masalah pada sistem kelistrikan, maka sekring motor tidak akan putus. Jika pemilik kendaraan mendapati sekring motor putus, berarti ada masalah yang terjadi pada sistem kelistrikan motor tersebut.

Dilansir dari Motor and Wheels, berikut ini 9 penyebab sekring motor putus.

1. Arus pendek

Penyebab sekring motor putus yang pertama adalah terjadinya arus pendek atau korsleting pada kelistrikan kendaraan. Seiring berjalannya waktu, kabel-kabel yang terdapat di motor akan mengalami keausan. Pada saat pembungkus kabel terkelupas maka bisa menimbulkan arus pendek saat kabel tersebut bersentuhan dengan benda konduktif.

2. Terlalu banyak memasang aksesoris elektronik

Pemilik kendaraan wajib hati-hati pada saat memutuskan memasang aksesori elektronik pada motor. Aksesori elektronik berlebihan akan membebani kelistrikan, selain membuat aki menjadi cepat drop, hal ini juga bisa menyebabkan motor terbakar.

Pastikan mengukur ketersediaan arus listrik sebelum memasang aksesori elektronik. Jika tidak mencukupi, maka Anda bisa meng-upgrade sistem kelistrikan motor tersebut agar menghasilkan daya yang sesuai dan menghindari korsleting listrik.

3. Salah menentukan kapasitas sekring

Penyebab sekring motor putus berikutnya adalah salah menentukan jenis sekring. Kondisi ini biasanya terjadi saat pemilik kendaraan ingin melakukan pergantian sekring. Yang harus diperhatikan adalah berapa kapasitas sekring tersebut. Sekring motor umumnya memiliki kapasitas mulai dari 5 - 30 ampere.

4. Salah sirkuit

Semakin banyak komponen kelistrikan yang terpasang pada motor, maka sirkuit yang dibutuhkan semakin banyak juga. Terkadang pihak pabrikan menggabungkan beberapa sirkuit menggunakan satu sekring saja. Seringkali pemilik kendaraan salah menentukan sekring di sirkuit mana yang putus, sehingga membuat sekring cepat mati.

5. Kualitas sekring buruk

Penyebab sekring motor putus berikutnya adalah buruknya kualitas sekring tersebut. Kualitas sekring yang buruk tentu saja tidak bisa menjamin sekring tersebut akan bekerja dengan maksimal. Bahkan bukan tidak mungkin sekring tersebut justru akan membuat komponen motor terbakar.

6. Kelebihan beban listrik

Jika motor masih dalam kondisi standar, maka kecil kemungkinan hal ini bisa terjadi. Biasanya, hal ini terjadi pada motor yang sudah dilakukan modifikasi pada bagian yang menggunakan arus listrik untuk pengoperasiannya. Sebut saja lampu, spidometer dan juga klakson.

7. Aki rusak

Penyebab sekring motor putus yang terakhir adalah kerusakan aki. Selain kondisi fisik aki, perhatikan juga kondisi kutub negatif dan positif aki. Tak jarang kutub positif atau negatif aki mengalami korosi yang bisa memicu korsleting listrik.

Untuk mencegah sekring motor putus, hindari melakukan pemasangan aksesoris elektronik dengan berlebihan pada motor tersebut. Selain itu, pastikan juga pengisian aki tetap dalam kondisi normal. 

(ahd)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiX2h0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vb3RvbW90aWYvMjAyMzEyMTQxNTQzMTgtNjAwLTEwMzkyMzMvNy1wZW55ZWJhYi1zZWtyaW5nLW1vdG9yLXB1dHVz0gFjaHR0cHM6Ly93d3cuY25uaW5kb25lc2lhLmNvbS9vdG9tb3RpZi8yMDIzMTIxNDE1NDMxOC02MDAtMTAzOTIzMy83LXBlbnllYmFiLXNla3JpbmctbW90b3ItcHV0dXMvYW1w?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Penyebab Sekring Motor Putus - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.