Search

4 Motor Tunggangan Jokowi yang Viral

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo kembali membuat heboh publik di tanah air usai aksinya menunggangi motor berjenis 'naked bike' pada malam pembukaan Asian Games 2018 Sabtu pekan kemarin.

Jauh sebelum itu sebetulnya aksi Jokowi menunggangi kuda besi bukanlah kali pertama dilakukan. Dalam kunjungan ke beberapa daerah, mantan Walikota Solo ini 'tertangkap' lebih memilih mengendarai roda dua, ketimbang harus menaiki mobil dinasnya.

Perlu dicatat, motor-motor yang sebelumnya sempat ditunggangi Jokowi mendadak viral dan banyak diperbincangkan. Berikut empat merek sepeda motor yang pernah dikemudikan Jokowi.


Kawasaki KLX 150 BF SE


Jokowi pertama kali terlihat menggunakan sepeda motor saat dirinya melakukan kunjungan kerja ketika menjajal Jalan Trans Papua di ruas Wamena-Habema pada Juni 2017.


Bersama rombongan pejabat negara, Jokowi kala itu menunggangi motor trail Kawasaki KLX 150 BF SE. Beberapa bulan berselang, ia kembali menggunakan motor yang sama ketika meninjau tambak udang dan lahan hutan mangrove di Muara Gembong, Bekasi.


4 Merek Motor yang Viral Usai Ditunggangi JokowiFoto: ANTARA FOTO/Iwan Adisaputra
Trail yang digunakan Jokowi adalah varian spesial edisi yang terlihat dari tambahan nama SE yang mengindikasikan sebagai Special Edition. Beda dari yang standar, varian SE ada tambahan pelindung tangan, mesin dan kelir hitam pada velgnya.


Motor sudah dibekali suspensi depan upside-down. Sementara mesinnya berkubikasi 144cc SOHC, dua valves, air-cooled dan empat stroke single dengan transmisi manual lima percepatan.

Royal Enfield modifikasi

Awal 2018 Jokowi kembali membuat kejutan melalui sepeda motor custom yang dibangun melalui Royal Enfield Bullet 350 produksi 2016 rakitan India. Motor bergaya chopper itu buah kolaborasi rumah modifikasi lokal Kick Ass Chopper dan Elders Garage.

Sepeda motor chopperland milik orang nomor satu di Indonesia ini mayoritas dilabur warna emas, khususnya di bagian tangki dan sparbor. Klaim rumah modifikasi, konten lokal setelah motor itu dirombak keseluruhan sudah mencapai 75 persen. 

4 Merek Motor yang Viral Usai Ditunggangi JokowiFoto: Biro Setpres/Rusman
Royal Enfield Bullet 350 sendiri dipersenjatai mesin 346cc silinder tunggal. Mesin dipadukan dengan transmisi lima percepatan, serta sistem pengapian transistorised coil ignition. Klaim pabrikan, tenaga mesin sebesar 19,8 hp pada 5.250 rpm dan torsi maksimal 28 Nm mulai 4.000 rpm.


Motor yang dibeli Jokowi senilai Rp140 juta ini juga sempat dipakai saat kunker ke Sukabumi, Jawa Barat bersama para menteri yang juga menggunakan beragam motor custom.


Motor Listrik WIM


Tidak sampai di situ, Presiden ke-7 ini kembali menggunakan roda dua saat kunjungan ke Agats, Kabupaten Asmat, Papua, April 2018.

Berbeda dari motor-motor sebelumnya, dengan membonceng sang istri, Iriana, Jokowi kini memilih mengendarai skuter listrik WIM Motor Zero 8i, salah satu motor listrik produksi WIM Cycle.


Skuter bewarna merah yang dipakai Jokowi itu menggendong motor listrik 48 volt 1.000 watt dan baterai 48 volt 20 Ampere. Baterainya dapat diisi dari kosong sampai penuh selama delapan jam untuk menjangkau jarak tempuh 50 sampai 80 kilometer. 


Yamaha FZ1

Terakhir, seorang pemeran pengganti yang berperan sebagai Jokowi digambarkan mengendarai Yamaha FZ1 saat pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8) lalu.

FZ1 menyimpan mesin kapasitas 998 cc yang mampu menyemburkan 150 daya kuda. Dari keterangan produsen, yaitu Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), motor tersebut tidak dijualnya secara bebas ke masyarakat. Baru pasukan Paspampres yang memilikinya dan jika ada orang lain membeli, motor itu bisa diperoleh dari importir.

4 Merek Motor yang Viral Usai Ditunggangi JokowiFoto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono

Paspampres sudah mulai menunggangi FZ1 lebih kurang sejak 2010 silam. Kabarnya motor berkelir hitam itu dibanderol sekitar Rp150 juta.

Di samping itu Jokowi masih mempunyai satu motor lagi. Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), di balik garasi Jokowi tersimpan satu unit Yamaha Vega produksi 2001. (evn)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180821144205-384-323915/4-motor-tunggangan-jokowi-yang-viral

Bagikan Berita Ini

0 Response to "4 Motor Tunggangan Jokowi yang Viral"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.