Search

Jika Motor Gratis Masuk Tol Seperti di Malaysia - Detikcom

Putrajaya - Sepeda motor masuk tol di Indonesia jadi perbincangan setelah Ketua DPR Bambang Soesatyo memunculkan ide tersebut beberapa waktu lalu. Ada yang setuju, ada yang tidak. Di Malaysia, motor sudah lama masuk tol. Gratis lagi. Tapi apa perlu di Indonesia seperti itu?

Di Indonesia sebetulnya ada tol yang dilintasi motor. Yakni Bali dan Surabaya Madura (Suramadu). Ada jalur khusus untuk sepeda motor di jalan tol itu.

Tapi di Malaysia, jalur motor dan mobil menyatu. Memang ada lajur kecil di sisi kiri, tapi motor bebas-bebas saja melintas di lajur mana pun. Seperti disaksikan detikOto selama Selasa-Kamis, 12-14 Februari 2019 dan rombongan Ikatan Setikawan Wartawan Malaysia-Indonesia (Iswami).

Whuzz! Motor ngebut di tol Kuala Lumpur Putrajaya. Juga sepanjang jalur ke Melaka. Tak peduli jenis kelamin, cowok-cewek atau emak-emak sama-sama seperti adu cepat, melaju di antara mobil dan truk.

Tak ada pintu khusus motor di gerbang tol. Hanya disediakan lajur di sisi kiri gerbang sebagai lorong masuk jalur bebas hambatan. Tak perlu nge-tap kartu, hanya melambatkan kecepatan lalu ngegas lagi.

"Iya, di sini bebas. Motor gratis," tutur Azmi, warga Kuala Lumpur, kepada detikOto.

Bagaimana dengan tingkat kecelakaan? Apa tidak berisiko kesamber mobil atau truk? "Ya itu tanggung sendiri lah," kata Azmi dengan nada bercanda.

Batas kecepatan mobil di tol Malaysia 110 kilometer per jam. Sebagian patuh, sebagian melaju lebih dari itu. Dalam kondisi seperti ini, kata Azmi, risiko tingkat kecelakaan motor lebih tinggi pada malam hari. Terlebih bagi yang lampu belakangnya mati.

Hm, kalau di Indonesia bakal seperti apa jika motor masuk tol ya? (trw/rgr)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://oto.detik.com/motor/d-4429929/jika-motor-gratis-masuk-tol-seperti-di-malaysia

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jika Motor Gratis Masuk Tol Seperti di Malaysia - Detikcom"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.