Search

Motor Bebek Lebih Enak Digeber di Tol, Pantesan Matic Tak Laku di Malaysia - detikOto

Melaka -

Di Indonesia motor matic seperti Honda BeAT menjadi motor 'sejuta umat' karena populasinya yang sangat banyak di jalan. Tapi di Malaysia, jangan harap kita bisa menemui motor matic setiap saat. Sebab di negeri jiran, motor bebek menjadi yang paling populer. Kenapa ya motor matic tak laku di Malaysia?

Pantauan detikOto, di wilayah perkotaan di Kuala Lumpur, kebanyakan yang ditemui adalah motor bebek atau kapcai, seperti Yamaha Y16ZR (MX King 155) atau Honda RS150R atau RS-X (Supra GTR 150). Sesekali ditemui motor matic seperti Yamaha Nmax, Honda Vario, atau Honda ADV150. Sementara untuk Honda BeAT, hampir tidak ditemui sama sekali.

Motor bebek lebih laris di Malaysia ketimbang motor maticMotor bebek lebih laris di Malaysia ketimbang motor matic Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Situasi serupa juga tampak di Melaka, di mana motor bebek sangat mendominasi seperti Yamaha Lagenda (Jupiter Z1) atau SM Sport. Sesekali juga dijumpai motor bebek jadul seperti Honda EX5 atau Astrea Grand kalau di Indonesia.

Dijelaskan Vulnerable Road User Safety and Mobility Unit (VRUM) Malaysian Institute of Road Safety Research (MIROS) Syukri Khalid, motor matic kurang diminati di Malaysia karena kondisi jalanan yang tidak terlalu macet. Beda dengan Indonesia, khususnya di Pulau Jawa yang mayoritas jalanannya macet, sehingga lebih nyaman pakai motor matic.

"Jalanan di Malaysia tak semacet jalanan di Indonesia, jadi masyarakat di sini lebih cocok naik motor bebek. Di sini juga ada yang pakai motor matic, tapi biasanya yang pakai perempuan," kata Sukri kepada detikOto di Melaka (8/6/2023).

Pengendara motor masuk tol di MalaysiaPengendara motor masuk tol di Malaysia Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Selain itu, kata Sukri, karena pemerintah Malaysia membolehkan motor masuk tol, motor bebek lebih pas digunakan untuk lewat jalan bebas hambatan itu. "Untuk akselerasi di jalanan seperti tol, motor bebek lebih enak," tambahnya.

Di luar itu, alasan mengapa matic kurang dilirik adalah karena soal budaya. Di Indonesia, orang memilih motor matic karena bisa mengangkut banyak barang, seperti galon air atau tabung gas. Di Malaysia, budaya tersebut tidak ada, sehingga tidak ada alasan orang di sana untuk meminang motor matic.

"Untuk kebutuhan sehari-hari misalnya beli galon, biasanya pakai jasa delivery. Atau kalau tidak mereka biasa belinya pakai mobil," jelas Sukri.

Simak Video "Momen Jokowi-Anwar Ibrahim Ngopi Bareng Usai Blusukan ke Pasar"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMib2h0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb3Rvci9kLTY3Njc0OTgvbW90b3ItYmViZWstbGViaWgtZW5hay1kaWdlYmVyLWRpLXRvbC1wYW50ZXNhbi1tYXRpYy10YWstbGFrdS1kaS1tYWxheXNpYdIBc2h0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb3Rvci9kLTY3Njc0OTgvbW90b3ItYmViZWstbGViaWgtZW5hay1kaWdlYmVyLWRpLXRvbC1wYW50ZXNhbi1tYXRpYy10YWstbGFrdS1kaS1tYWxheXNpYS9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Motor Bebek Lebih Enak Digeber di Tol, Pantesan Matic Tak Laku di Malaysia - detikOto"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.