Search

Pelajaran dari Motor Terbakar saat Isi Bensin di SPBU: Turun dan Jangan Digoyang! - detikOto

Jakarta -

Aksi pemotor yang menggoyang-goyangkan motor saat isi bensin hingga mengakibatkan kebakaran tengah viral di sosial media. Ada pelajaran yang bisa diambil dari insiden tersebut.

Di media sosial video yang memperlihatkan motor Yamaha Vixion terbakar di SPBU Tlogomas viral di sosial media. Usut punya usut, sebelum kebakaran terjadi, dalam rekaman CCTV terlihat pemotor menggoyang-goyangkan saat isi bensin. Tak cuma itu, motor diduga dalam kondisi mesin menyala karena lampunya masih hidup. Lampu seinnya juga terlihat menyala.

Tidak lama berselang, saat hendak memajukan motornya muncul api dari tangki. Kemudian pemotor yang kaget langsung membanting motor sembari berusaha berlari. Adapun dari kejadian itu, ada banyak pelajaran yang bisa diambil supaya tidak terulang di kemudian hari.

Pertama, saat mengisi bensin sebaiknya pengendara turun dari motor sekalipun tangki berada di depan. Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana belum lama ini mengungkap bahwa turun dari motor saat isi bensin merupakan langkah antisipasi terhadap hal yang tak diinginkan seperti kebakaran.

"Ternyata, setelah saya pelajari kalau terjadi ledakan atau kebakaran, kita lebih gampang evakuasi. Karena ada beberapa kasus, tangkinya ngeluarin api, si ridernya ikut terbakar," ungkap Sony belum lama ini.

Pelajaran kedua yang bisa diambil adalah pastikan keseluruhan mesin dalam kondisi mati saat mengisi bensin. Ini dilakukan untuk mencegah munculnya aliran statis yang juga dapat memicu kebakaran.

Selanjutnya, pengendara juga tidak perlu lagi menggoyang-goyangkan kendaraan saat isi bensin. Bukan apa-apa, dengan menggoyangkan kendaraan maka ada potensi bensin yang keluar dan justru memicu munculnya kebakaran. Seperti yang dialami pemotor itu, terlihat saat digoyang-goyangkan ada bensin yang keluar dan menjadi pemicu terjadinya kebakaran di SPBU.

"Kendaraan digoyang-goyang saat mengisi BBM, justru membuat bahan bakar yang ada di dalam akan koclak dan membuat ukurannya tidak akurat dan kalau sampai cipratannya (bensin) terbuang keluar justru membahayakan," urai Sony.

Simak Video "Mobil Diesel Diisi Bensin, Apa yang Terjadi?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiiAFodHRwczovL290by5kZXRpay5jb20vY2F0YXRhbi1wZW5nZW5kYXJhLW1vdG9yL2QtNjc4MzkzMS9wZWxhamFyYW4tZGFyaS1tb3Rvci10ZXJiYWthci1zYWF0LWlzaS1iZW5zaW4tZGktc3BidS10dXJ1bi1kYW4tamFuZ2FuLWRpZ295YW5n0gGMAWh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9jYXRhdGFuLXBlbmdlbmRhcmEtbW90b3IvZC02NzgzOTMxL3BlbGFqYXJhbi1kYXJpLW1vdG9yLXRlcmJha2FyLXNhYXQtaXNpLWJlbnNpbi1kaS1zcGJ1LXR1cnVuLWRhbi1qYW5nYW4tZGlnb3lhbmcvYW1w?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pelajaran dari Motor Terbakar saat Isi Bensin di SPBU: Turun dan Jangan Digoyang! - detikOto"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.