Search

Ujian SIM Motor Sebenarnya Mudah, Banyak yang Gagal Gegara Ini - detikOto

Jakarta -

Polisi mengklaim, ujian SIM motor sebenarnya tak terlalu susah, bahkan bisa dibilang mudah. Namun, ada satu dan lain hal yang membuat peserta sering gagal. Hmm..., kira-kira apa, ya?

Kanit Regident Satpas SIM Polres Metro Bekasi, AKP Evo Rudi Laksono menjelaskan, sebenarnya semua orang berpeluang besar lolos ujian SIM. Mereka kebanyakan gagal lantaran sudah lebih dulu grogi di awal.

"Begitu ke sini, pada grogi karena (diperhatikan) petugas. Kalau diperhatikan petugas kan ada (tekanan) psikologis ya. Jadi orang itu sebenarnya bisa, cuma karena dilihat petugas jadi grogi," ujar AKP Evo Rudi saat ditemui detikOto di Polres Metro Bekasi, Jawa Barat, Selasa sore (27/6).

Satpas SIM Polres Metro Bekasi.Satpas SIM Polres Metro Bekasi. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com

Menurut Evo Rudi, ketika peserta grogi, mereka akan merasa tertekan dan tak bisa leluasa. Kondisi tersebut makin diperburuk dengan ornamen kepolisian yang melekat di motor ujian.

"Ada pemohon SIM minta pakai motor sendiri. Boleh, silakan saja. Gagal sekali, dua kali. Padahal motornya sama-sama BeAT. Tapi bedanya, BeAT yang di sini ada logo polisinya," tuturnya.

Meski gagal, namun pihaknya tak serta merta 'mendiamkan' peserta tersebut. Polisi memberikan kesempatan lain untuk mereka mencoba lagi. Harapannya, di kesempatan kedua hasilnya lebih baik.

"Tapi artinya kami di sini tidak arogan atau otoriter dengan tidak memberikan kesempatan kepada pemohon SIM untuk mencoba lagi. Kita kasih spare atau batas waktu coba ke mereka," ungkapnya.

Ujian SIM di Polres Bekasi.Ujian SIM di Polres Bekasi. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto.

Evo menjelaskan, ojek online atau ojol yang setiap hari mengendarai motor saja mendadak 'hilang kemampuan' saat berada di lokasi ujian. Menurut Evo, grogi membuat kemampuan asli seseorang mendadak lenyap.

"Tapi namanya di lapangan, seperti (driver) Gojek kan pasti jago. Ibaratnya jalan mundur juga bisa. Tapi ketika tes, semua grogi," kata dia.

Simak Video "Korlantas Evaluasi Praktik Uji SIM Zig-zag dan Angka 8"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/dry)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiZGh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9iZXJpdGEvZC02Nzk2MTYzL3VqaWFuLXNpbS1tb3Rvci1zZWJlbmFybnlhLW11ZGFoLWJhbnlhay15YW5nLWdhZ2FsLWdlZ2FyYS1pbmnSAWhodHRwczovL290by5kZXRpay5jb20vYmVyaXRhL2QtNjc5NjE2My91amlhbi1zaW0tbW90b3Itc2ViZW5hcm55YS1tdWRhaC1iYW55YWsteWFuZy1nYWdhbC1nZWdhcmEtaW5pL2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ujian SIM Motor Sebenarnya Mudah, Banyak yang Gagal Gegara Ini - detikOto"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.