Search

Viral Jenazah Dibawa Pakai Motor di Bengkulu gegara Jalan Rusak - detikSumbagsel

Bengkulu -

Warganet sempat dihebohkan dengan video warga Desa Langgar Jaya, Kecamatan Bermani Ilir, Kabupaten Kepahiang yang membawa jenazah warganya menggunakan sepeda motor. Akses jalan menuju desa mereka tidak bisa dilalui kendaraan biasa atau ambulans.

Dari postingan warga pada Minggu tengah malam (4/6/2023), terlihat jenazah Sukur (64), warga Desa Langgar Jaya, diangkut menggunakan sepeda motor oleh belasan warga dibantu TNI setempat.

Jenazah Sukur diangkut di belakang motor pada bagian sebelah kanan. Lalu di sebelah kiri motor diimbangi dengan pohon pisang agar motor seimbang, langkah ini dilakukan karena jalan desa sepanjang 13 kilometer rusak berat dan tak dapat dilalui ambulans.

Saat dikonfirmasi detikSumbagsel, Kepala Desa Langgar Jaya, Salim mengatakan bahwa jenazah warganya terpaksa dibawa menggunakan sepeda motor karena jalan ke desa mereka tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

"Ojek sepeda motor yang telah dimodifikasi inilah yang bisa membawa jenazah ke desa. Sebelumnya, Pak Sukur dirawat di rumah sakit Kepahiang dan akhirnya meninggal dunia dan harus dibawa kembali ke desa," kata Salim, Senin (5/6/2023).

Salim menjelaskan, Sukur alami kritis pada Rabu (31/5/2023) lalu. Untuk bisa dibawa ke rumah sakit, tubuhnya ditandu sepanjang 13 kilometer hingga wilayah Desa Cinto Mandi yang bisa dijangkau oleh ambulans.

Warga desa di Kepahiang, Bengkulu, ditandu dan dibawa dengan motor karena jalan rusak.Warga desa di Kepahiang, Bengkulu, ditandu sejauh 13 kilometer karena jalan rusak. Foto: Istimewa

"Setelah ditandu menuju Desa Cinto Mandi, mobil ambulans barulah bisa membawa Pak Sukur ke RSUD Kabupaten Kepahiang. Selanjutnya pada Minggu malam, Pak Sukur meninggal dunia. Saat jasad dibawa ke Desa Langgar Jaya itulah jasad Pak Sukur diangkut menggunakan motor dengan waktu tempuh 4 jam," jelas Salim.

Salim mengungkapkan, Desa Langgar Jaya merupakan desa terpencil yang tak memiliki akses jalan yang bagus. Jalan nyaris tidak bisa dilalui saat hujan dan sangat berdebu saat kemarau. Ini merupakan yang ketiga kalinya ada jenazah warga yang dibawa menggunakan sepeda motor.

"Sudah banyak warga sakit ditandu menempuh jalan 13 kilometer akibat buruknya jalan menuju desa, dan ada tiga kali jenazah dibawa menggunakan sepeda motor karena jalan buruk," ungkap Salim.

Menurut Salim, Pemda Kepahiang meminjam dana ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp 18 miliar untuk mengaspal jalan menunu Desa Langgar Jaya pada tahun 2021. Pengerjaan baru selesai sekitar 14 persen. Namun tanpa penyebab yang jelas, pembangunan jalan dihentikan pemerintah.

Salim juga telah mengirim surat ke Presiden Joko Widodo beberapa hari lalu, berharap infrastruktur jalan di desa dapat diperbaiki karena belum juga ada tanggapan dari pemerintah daerah setempat mengenai perbaikan jalan.

Simak Video "Penampakan Jalan Rusak di Kudus, Berlubang Hingga Ada Truk Terguling"
[Gambas:Video 20detik]
(des/des)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMicGh0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9zdW1iYWdzZWwvYmVyaXRhL2QtNjc1NTc0Ni92aXJhbC1qZW5hemFoLWRpYmF3YS1wYWthaS1tb3Rvci1kaS1iZW5na3VsdS1nZWdhcmEtamFsYW4tcnVzYWvSAXRodHRwczovL3d3dy5kZXRpay5jb20vc3VtYmFnc2VsL2Jlcml0YS9kLTY3NTU3NDYvdmlyYWwtamVuYXphaC1kaWJhd2EtcGFrYWktbW90b3ItZGktYmVuZ2t1bHUtZ2VnYXJhLWphbGFuLXJ1c2FrL2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Viral Jenazah Dibawa Pakai Motor di Bengkulu gegara Jalan Rusak - detikSumbagsel"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.