Search

30 Tahun Lalu, Motor Yamaha Ini Punya Sistem Turbo - detikOto

Jakarta -

Lagi ramai di media sosial, Yamaha diduga sedang menyiapkan motor baru di Indonesia dengan embel-embel Turbo! karena informasinya ditutup rapat-rapat, walhasil produknya memang bikin penasaran, nih. Namun diketahui pabrikan berlambang garpu tala ini pernah memasang turbo asli ke produk massalnya pada 30 tahun yang lalu, lho!

Jadi produk itu adalah Yamaha XJ650T yang pernah tampil di Tokyo Motor Show 1981. Ini adalah motor gede dengan sistem karburator tren turbocharger pertama di dunia pada era 1980-an. Yamaha meluncurkan XJ650T atau Seca Turbo tepat setelah Honda mengeluarkan CX500 Turbo.

Desain Yamaha XJ650 ini benar-benar sportbike yang termutakhir pada masanya, sekarang justru terlihat klasik. Banyak sudut menyiku di seluruh area body-nya. Uniknya, motor ini juga menggunakan dua knalpot.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meskipun motor ini punya dua knalpot tapi mesin hanya mengalirkan gas buang melalui salah satu dari pipa ganda saja. Sementara pipa lainnya dirancang hanya untuk mengalirkan gas buang yang berasal dari turbocharger.

Lalu bagaimana dengan turbonya? jadi Yamaha ini menggaet Mitsubishi untuk mengembangkan Turbo khusus buat XJ650. Dikutip dari Cycleworld, turbocharged itu punya kode TCO3-06A dan diklaim oleh Yamaha sebagai yang terkecil di dunia. Dengan diameter turbin hanya 39 mm, turbin mungil itu berputar dengan aman hingga 210.000 rpm.

ADVERTISEMENT
Yamaha XJ650TYamaha XJ650T Foto: Yamaha

Turbocharger adalah salah satu perangkat sistem induksi paksa atau forced induction system untuk meningkatkan power atau tenaga mesin kendaraan secara instan dengan memanfaatkan gas buang dari mesin.

Di atas kertas, spesifikasi Yamaha Seca Turbo ini dibekali mesin 4-tak inline four, DOHC 2-Valves per silinder udara. Motor ini kencang pada masanya, Yamaha Seca Turbo bisa berlari dari titik nol hingga 100 km/jam cuma 4,9 detik saja.

Dalam website resmi Yamaha Global, motor ini punya tenaga 85 PS di 5.000-8.000 rpm dan torsi maskimal 73,6 Nm di 5.000-8.000 rpm.

Well, kira-kira motor dengan embel-embel Turbo apa yang bakal diluncurkan Yamaha?

Video teaser motor baru Yamaha itu tampil sangat singkat. Tulisan 'Turbo' melesat dengan cepat diiringi dengan suara motor yang melaju kencang.

"Masa depan ada di sini! Apakah mata dan hatimu bisa merasakannya?" tulis Yamaha di akun Instagramnya disertai tagar YamahaTurbo.

Simak Video "Yamaha Lexi LX 155 Meluncur, Panaskan Pasar Skutik!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiV2h0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb3Rvci9kLTczNzkwMjYvMzAtdGFodW4tbGFsdS1tb3Rvci15YW1haGEtaW5pLXB1bnlhLXNpc3RlbS10dXJib9IBW2h0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb3Rvci9kLTczNzkwMjYvMzAtdGFodW4tbGFsdS1tb3Rvci15YW1haGEtaW5pLXB1bnlhLXNpc3RlbS10dXJiby9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "30 Tahun Lalu, Motor Yamaha Ini Punya Sistem Turbo - detikOto"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.