Search

Rahasia Memanaskan Motor Injeksi Agar Awet dan Hemat Bensin - VIVA.co.id

Senin, 10 Juni 2024 - 15:02 WIB

Jakarta, 10 Januari 2024 – Kebiasaan memanaskan mesin motor sebelum digunakan masih banyak dilakukan oleh pengendara, termasuk pengguna motor injeksi. Muncul anggapan bahwa memanaskan mesin membutuhkan waktu yang lama. Namun, benarkah demikian?

Baca Juga :

Vespa Sean Wotherspoon Dijual Cuma Rp41 Juta

Menurut Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati, Wahyu Budhi, sistem pada motor injeksi sudah dirancang untuk dapat bekerja dengan baik tanpa perlu dipanaskan dalam waktu lama.

Memanaskan mesin motor injeksi memiliki manfaat khusus, yaitu membantu oli mesin bersirkulasi sebelum digunakan.

Baca Juga :

Gagal Nanjak, Truk Kontainer Mundur Tabrak Tujuh Motor Sekaligus

Naik motor

Photo :
  • Wahana Makmur Sejati

Hal ini dapat membantu melumasi komponen mesin dengan lebih optimal, sehingga mesin dapat bekerja lebih halus dan irit bahan bakar.

Baca Juga :

Sebelum Beli Motor Baru Wajib Tahu Ini Biar Gak Nyesel

Jika Anda ingin memanaskan mesin motor injeksi, cukup lakukan selama beberapa menit saja. Durasinya tidak perlu lama, karena hanya akan berdampak pada borosnya bahan bakar.

“Cukup satu sampai lima menit, ika terlalu lama dipanaskan bakal percuma juga karena bensin akan terbuang sia-sia,” ujarnya, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi Wahana Honda.

Wahyu menuturkan, bahwa selain durasi ada hal lain yang juga perlu diperhatikan pemilik ketika memanaskan mesin sepeda motor.

“Saat dipanaskan, mesin motor dalam kondisi langsam atau idle dan tidak digeber-geber,” tuturnya.

Memanaskan mesin memang dapat membantu menjaga performa mesin. Namun, hal lain yang tidak kalah penting adalah dengan melakukan perawatan berkala. Berikut caranya:

1. Perhatikan kondisi oli mesin. Ganti oli secara rutin sesuai anjuran pabrik.
2. Gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin motor.
3. Lakukan servis motor secara berkala di bengkel resmi.

Halaman Selanjutnya

Wahyu menuturkan, bahwa selain durasi ada hal lain yang juga perlu diperhatikan pemilik ketika memanaskan mesin sepeda motor.

Halaman Selanjutnya

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiaGh0dHBzOi8vd3d3LnZpdmEuY28uaWQvb3RvbW90aWYvdGlwcy8xNzIxNzc1LXJhaGFzaWEtbWVtYW5hc2thbi1tb3Rvci1pbmpla3NpLWFnYXItYXdldC1kYW4taGVtYXQtYmVuc2lu0gFsaHR0cHM6Ly93d3cudml2YS5jby5pZC9hbXAvb3RvbW90aWYvdGlwcy8xNzIxNzc1LXJhaGFzaWEtbWVtYW5hc2thbi1tb3Rvci1pbmpla3NpLWFnYXItYXdldC1kYW4taGVtYXQtYmVuc2lu?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rahasia Memanaskan Motor Injeksi Agar Awet dan Hemat Bensin - VIVA.co.id"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.