Search

Alasan Pentingnya Berdiri di Motor Saat Main Motocross - Otomotif Kompas.com

BANDUNG, KOMPAS.com - Mengendarai motocross perlu keahlian khusus. Sebab dengan ground clereance tinggi, pengendara perlu menjaga titik berat motor berada di bawah.

Doddy Setiadi, instruktur dan mantan crosser nasional mengatakan, cara untuk menjaga titik berat motor tetap di bawah pada motocross dengan berdiri.

Baca juga: Intip Restorasi Segar Yamaha DT50

Doddy Setiadi Foto: Nurul/GridOto Doddy Setiadi

Instruktur Patwal Puspom AU tersebut mengatakan, dianjurkan bahwa saat berada di trek tanah pengendara melintasi rintangan dengan berdiri di atas footstep.

“Kalau di footstep itu tumpuan ada di kaki dan titik beratnya ada di bawah. Begitu kita duduk, maka titik beratnya akan pindah ke atas di tempat duduk,” kata Doddy di sirkuit area Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (2/6/2024).

“(Saat duduk) motor kemudian jadi tidak stabil. Makanya diarahkan untuk berdiri. Itu alasannya supaya titik berat di bawah. Karena motor itu tinggi sebisa mungkin beratnya ada di bawah,” ujarnya.

Yamaha WR155RFoto: Yamaha Yamaha WR155R

Baca juga: Jadwal MotoGP Mugello, Dominasi Bagnaia di Mugello Kembali Terjadi?

Doddy mengatakan, dalam off road berdiri sambil mengendarai motor adalah hal yang sangat penting.

Namun cara berdiri yang benar ada patokannya. Secara umum posisi badan sedikit ke belakang, adapun siku, punggung dan lurut harus sedikit ditekuk. Menekuk sedikit persendian akan memudahkan dalam bergerak. 

Ketika berdiri di atas motor, jaga keseimbangan dengan memosisikan agar bahu sejajar dengan setang. Jika setang bergerak ke kiri maka bahu mengikuti ke arah kiri dan juga sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMibGh0dHBzOi8vb3RvbW90aWYua29tcGFzLmNvbS9yZWFkLzIwMjQvMDYvMDIvMTUyMjAwOTE1L2FsYXNhbi1wZW50aW5nbnlhLWJlcmRpcmktZGktbW90b3Itc2FhdC1tYWluLW1vdG9jcm9zc9IBAA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Alasan Pentingnya Berdiri di Motor Saat Main Motocross - Otomotif Kompas.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.